PENERAPAN MEDIA FILM PENDEK DALAM PEMBELAJARAN MENGUNGKAPKAN KEMBALI SECARA TERTULIS TEKS BIOGRAFI PESERTA DIDIK KELAS X MAN 2 KOTA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

FITRIYATI, AKILLA (2019) PENERAPAN MEDIA FILM PENDEK DALAM PEMBELAJARAN MENGUNGKAPKAN KEMBALI SECARA TERTULIS TEKS BIOGRAFI PESERTA DIDIK KELAS X MAN 2 KOTA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of AKILLA FITRIYATI.pdf] Text
AKILLA FITRIYATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kemampuan menulis teks biografi yang
masih rendah. Mengetahui kondisi tersebut perlu diupayakan penggunaan media
yang dapat meningkatkan pembelajaran mengungkapkan kembali secara tertulis
teks biografi pada siswa kelas X MAN 2 kota Semarang. Media yang dapat
digunakan adalah media film pendek.
Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimanakah penerapan media
film pendek dalam pembelajaran mengungkapkan kembali secara tertulis teks
biografi peserta didik kelas X MAN 2 kota Semarang tahun pelajaran 2018/2019.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan media film pendek dalam
pembelajaran mengungkapkan kembali secara tertulis teks biografi peserta didik
kelas X MAN 2 kota Semarang tahun pelajaran 2018/2019.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan
data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa
penugasan mengungkapkan secara tertulis teks biografi menggunakan bahasa
sendiri minimal 3 paragraf. Teknik nontes berupa observasi pendidik. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MAN kota 2 Semarang
tahun pelajaran 2018/2019 terdiri dari 9 kelas, meliputi 5 kelas MIPA,3 kelas IPS
dan 1 kelas Agama. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah kelas X MIPA 4.
Hasil dari penelitian ini yaitu media film pendek dapat diterapkan dalam
pembelajaran mengungkapkan kembali secara tertulis teks biografi pada peserta
didik kelas X MAN 2 kota Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Hal tersebut
dibuktikan melalui nilai rata-rata peserta didik yang mencapai 84, sedangkan nilai
KKM yang ditetapkan oleh sekolah mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah 75.
Media film pendek memudahkan peserta didik mengungkapkan kembali secara
tertulis hal-hal yang dapat diteladani dari tokoh dengan menggunakan bahasanya
sendiri.
Saran yang dapat penulis sampaikan adalah pendidik khususnya mata
pelajaran Bahasa Indonesia harus memperhatikan penerapan media pembelajaran
yang tepat agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Kata Kunci: Penerapan, media film pendek, menulis teks biografi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 07 Nov 2024 01:41
Last Modified: 07 Nov 2024 01:41
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7263

Actions (login required)

View Item
View Item