KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH SISWA KELAS IV SDN 01 TLOGOWUNGU PATI SEMESTER GASAL 2018 / 2019 KOTA PATI

NOFAIDAH, ERIN (2020) KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH SISWA KELAS IV SDN 01 TLOGOWUNGU PATI SEMESTER GASAL 2018 / 2019 KOTA PATI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ERIN AKHIR BISMILLAH.pdf] Text
ERIN AKHIR BISMILLAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ErinNofaidahNPM 15120122. “Kemampuan Penalaran Matematis
Ditinjau dari Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Kelas IV SD N 01
Tlogowungu Pati Semester Gasal 2018 / 2019 Kota Pati”. Skripsi. Pembimbing I:
Eka Sari Setianingsih, S.Pd., M.Pd.,Pembimbing II: Joko Sulianto, S.Pd., M.Pd.
Semarang: Fakultas Ilmu Pendidikan. Juli 2019.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran matematika adalah
pembelajaran yang tidak digemari untuk saat ini. Hasil nilai matematika yang
diperoleh saat ini hampir semua siswa mendapatkan nilai tidak memuaskan.
Kemampuan siswa dalam penalaran dan memecahkan masalah matematika kelas
IV ini hanya 55% bisa mengikuti dan hanya ada beberapa siswa yang tidak
mengalami kendala dalam menalar masalah matematika.
Fokus Penelitian ini adalah: 1) Pembelajaran Matematika pada aspek
kemampuan penalaran matematis di tinjau dari kemampuan pemecahan
mahasiswa kelas IV SDN 01 Tlogowungu Kota Pati. 2) Klasifikasi tentang aspek
kemampuan memecahkan masalah siswa kelas IV SD N 01 Tlogowungu.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendiskripsikan tentang proses
pembelajaran pada aspek kemampuan penalaran matematis ditinjau dari
kemampuan pemecahan siswa kelas IV SD N 01 Tlogowungu semester gasal
2018/2019 Kota Pati. 2) Mendiskripsikan tentang klasifikasi kemampuan
penalaran matematis ditinjau dari kemampuan memecahkan masalah siswa kelas
IV SD N 01 Tlogowungu semester gasal 2018/2019 Kota Pati.
Metode
yang
digunakan
pada
penelitianiniadalahmetodekualitatifdeskriptif.Lokasipeneilian
di
SDN
01
Tlogowungu Kota Pati.Pengumpulan data dalampenelitianinimelaluiwawancara,
observasidokumentasisertatesmengenaipenalaran.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil wawancara diperoleh
bahwa guru memanfaatkan metode pembelajaran agar siswa dapat mempunyai
penalaran yang tinggi dengan menerapkan metode pembelajaran problem solving.
Dengan ini siswa jadi berminat dalam pembelajaran sehingga mampu mengaitkan
dengan daya nalar dan mampu memecahkan masalah dengan baik.Hasil angket
penalaran siswa diperoleh persentase 79,4 termasuk kategori cukup. Siswa
mempunyai angket penalaran yang cukup. Sedangkan hasil nilai siswa
kemampuan penalaran matematisdipetoleh data rata-rata 87,733. Terdapat 26
siswa yang tuntas dalam pembelajaran matematis dari 4 siswa yang tidak
tuntas.Presentase ketuntasan belajar klasikal diperoleh 87% (26 dari 30 siswa)
yang tuntas belajar dengan KKM 76, sedangkan 23% (4 dari 39 siswa) tidak
tuntas. Sedangkan untuk kriteria ketuntasan klasikal terdapat 24 siswa atau sekitar
87% siswa yang dapat mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Sedangkan
yang tidak tuntas adalah 6 siswa atau 23%. Artinya siswa yang mencapai
ketuntasan klasikal ada 87%, dan yang tidak tuntas mencapai 23%.
Saran yang dapat dihasilkan dalam penelitian ini adalah Guru dapat
meningkatkan daya nalar siswa dengan memberikan soal yang bervariatif
sehingga siswa mampu lebih berpikir kritis.
Kata kunci: penalaran matematis,kemampuan memecahkan masalah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Nov 2024 07:47
Last Modified: 05 Nov 2024 07:47
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7253

Actions (login required)

View Item
View Item