ROHMANA, SITI (2020) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS AKTIVITAS JASMANI DALAM KARAKTER JUJUR TEMA 3 PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP SUB TEMA 2 KEBERAGAMAN MAKHLUK HIDUP DI LINGKUNGANKU BAGI SISWA KELAS IV SD. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
SITI ROHMANA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
SITI ROHMANA. NPM 16120117. “Pengembangan Model Pembelajaran
Berbasis Aktivitas Jasmani dalam Karakter Jujur Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk
Hidup Sub Tema 2 Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku Bagi Siswa
Kelas IV SD”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas
Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Asep Ardiyanto,
S.Pd., M.Or. Pembimbing II Intan Rahmawati, S.Pd., M.Pd.2020.
Latar belakang yang mendorong penelitian dan pengembangan ini adalah
belum diterapkannya model pembelajaran yang kreatif dan inovatif yang dapat
menumbuhkan karakter jujur serta kurangnya antusias peserta didik dalam
mengikuti pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di
Sekolah Dasar. Selain itu, pembentukan karakter peserta didik yang belum optimal
ditandai dengan adanya tindakan curang (tidak sportif) yang dilakukan peserta didik
saat mengikuti pembelajaran khususnya peserta didik yang sudah menjangkau kelas
tinggi.
Rumusan
masalah
dalam
penelitian
ini
adalah
Bagaimanakah
pengembangan dan kelayakan model pembelajaran berbasis aktivitas jasmani
dalam karakter jujur tema 3 peduli terhadap makhluk hidup sub tema 2
keberagaman makhluk hidup dilingkunganku bagi siswa kelas IV SD? Tujuan
penelitian dan pengembangan ini adalahUntuk mengembangkan dan mengetahui
kelayakan modelpembelajaran berbasis aktivitas jasmani dalam karakter jujur tema
3 peduli terhadap makhluk hidup sub tema 2 keberagaman makhluk hidup
dilingkunganku bagi siswa kelas IV SD. Subjek penelitian pada uji coba lapangan
dilakukan pada kelas IV SD Negeri Tunggu dengan jumlah 16 peserta didik.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development(R&D) yang
dikemukakan oleh Sugiyono dengan prosedur pengembangan sampai dengan tahap
kedelapan yaitu desiminasi. Tahapan prosedur pengembangan tersebut yaitu
Potensi dan Masalah, Pengumpulan Data, Desain Produk, Validasi Desain, Revisi
Desain, Uji Coba Produk, Revisi Produk Akhir, dan Desiminasi..
Berdasarkan analisis data hasil angket validasi model memperoleh hasil
sebesar 85% dan hasil angket validasi materi memperoleh hasil sebesar 95%.
Sedangkan hasil angket tanggapan peserta didik sebesar 98,75% dan tanggapan
guru sebesar 96%.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model
pembelajaran berbasis aktivitas jasmani dalam karakter jujur termasuk dalam
kategori sangat layak digunakan dalam pembelajaran PJOK di Sekolah Dasar.
Saran yang dapat diberikan penggunaan model pembelajaran berbasis aktivitas
jasmani dapat dijadikan alternatif bagi guru sebagai inovasi pembelajaran yang
menarik dan menyenangkan yang dapat meningkatkan tiga ranah kemampuan.
Kata kunci:Pengembangan, Model Aktivitas Kasmani, Karakter Jujur
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 07:45 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 07:45 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7252 |