ANALISIS KESULITAN BELAJAR PADA MATERI OPERASI HITUNG PEMBAGIAN DI SEKOLAH DASAR

YULIANA, ERIKA (2020) ANALISIS KESULITAN BELAJAR PADA MATERI OPERASI HITUNG PEMBAGIAN DI SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ERIKA YULIANA.pdf] Text
ERIKA YULIANA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ERIKA YULIANA. NPM 15120492. “Analisis Kesulitan Belajar pada Materi
Operasi Hitung Pembagian di Sekolah Dasar”. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.
Universitas PGRI Semarang. 2019.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pemahaman tentang operasi
hitung pembagian sebagai dasar pembelajaran matematika. Kesulitan dalam
belajar pembagian dapat menghambat pembelajaran matematika pada materi-
materi selanjutnya. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: kesulitan belajar
pada materi operasi hitung pembagian siswa kelas III SD Negeri di Kecamatan
Pedurungan Kota Semarang.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif
dengan pendekatan deskriptif dan presentase. Lokasi penelitian di SD Negeri
Palebon 01, SD Negeri Palebon 02, dan SD Negeri Palebon 03 Kecamatan
Pedurungan Kota Semarang. Pengumpulan data dilakukan melalui angket,
wawancara, tes diagnostik, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan
cara triangulasi teknik.
Berdasarkan hasil analisis data Hasil Penelitian, kesulitan belajar operasi
hitung pembagian meliputi kesulitan dalam memahami konsep pembagian, dan
kesulitan dalam penggunaan prinsip pembagian; faktor yang mempengaruhi
kesulitan belajar operasi hitung pembagian terdiri dari faktor internal yaitu
motivasi, minat, dan perhatian, sedangkan faktor eksternal yaitu metode mengajar,
relasi guru dengan siswa, dan pemberian balikan penguatan; solusi untuk
mengatasi kesulitan belajar operasi hitung pembagian yaitu pembelajaran
dilakukan sesuai langkah pembelajaran matematika menurut teori piaget,
menggunakan alat peraga blok dienes, dan melakukan pembelajaran dengan
metode yang disesuaikan pada kondisi siswa agar dapat meningkatkan motivasi,
minat, dan perhatian siswa dalam belajar materi operasi hitung pembagian.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, saran yang dapat disampaikan
kepada guru, kepala sekolah, dan orang tua yaitu untuk memperhatikan kesulitan
yang dialami siswa; membimbing siswa memahami konsep pembagian;
memberikan pembelajaran matematika sesuai tahapan belajar siswa SD pada
periode operasi konkret menurut teori Piaget; menggunakan alat peraga blok
Dienes; membangun suasana kelas yang menyenangkan dengan permainan
edukatif untuk meningkatkan minat belajar dan menarik perhatian siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Nov 2024 07:45
Last Modified: 05 Nov 2024 07:45
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7251

Actions (login required)

View Item
View Item