KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN WORD PROBLEM DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA

Wijayanto, Mahmud Tri (2020) KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN WORD PROBLEM DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Mahmud Tri Wijayanto.pdf] Text
Mahmud Tri Wijayanto.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII
dalam menyelesaikan word problem ditinjau dari gaya belajar siswa. Penelitian ini
merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 25 siswa SMP
selanjutnya dipilih berdasarkan tes gaya belajar yaitu 1 siswa gaya belajar visual,
1 siswa gaya belajar auditori, dan 1 siswa gaya belajar kinestetik. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian yaitu kuisioner gaya belajar, tes word problem dan
pedoman wawancara untuk memunculkan berpikir kreatif. Keabsahan data
menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) siswa
dengan gaya belajar visual mampu memunculkan berpikir lancar (Fluency),
berpikir luwes (Flekxibility), dan berpikir merinci (Elaboration). 2) Siswa dengan
gaya belajar auditori mampu memunculkan berpikir lancar (Fluency), berpikir
luwes (Flekxibility), dan berpikir merinci (Elaboration). 3) Siswa dengan gaya
belajar kinestetik mampu memunculkan berpikir lancar (Fluency), berpikir luwes
(Flekxibility), berpikir merinci (Elaboration) dan berpikir orisinil (Originality).
Kata kunci : berpikir kreatif, word problem, gaya belajar, siswa kelas VIII

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Nov 2024 07:42
Last Modified: 05 Nov 2024 07:42
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7246

Actions (login required)

View Item
View Item