LESTARI, SITI PUJI (2020) IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI PECAHAN KELAS V SEKOLAH DASAR. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Siti Puji Lestari.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Siti Puji Lestari. NPM 15120188 “Implementasi Model Problem Based
Learning Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Pecahan Untuk Siswa
Kelas V Sekolah Dasar”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I, Ibu Ryky
Mandar Sary, S.Pd., M.Pd dan Pembimbing II, Bapak Sukamto, S.Pd., M.Pd.
Januari 2020.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya kemampuan
siswa yang belum menyelesaikan soal matematika dengan langkah-langkah yang
benar dan masih ada siswa yang belum mengusai serta masih mengalami kesulitan
dalam pemecahan masalah pada materi pecahan hal ini dapat dilihat dari hasil
wawancara belajar siswa yang masih ada di bawah KKM.
Perumusan
masalah
dalam
penelitian
ini
adalah
sebagai
berikut.
(1) Bagaimanakah implementasi model Problem Based Learning pada
kemampuan pemecahan masalah materi pecahan untuk siswa kelas V sekolah
dasar? (2) Apakah model Problem Based Learning dapat meningkatkan
kemampuan pemecahan masalah siswa materi pecahan untuk siswa kelas V
sekolah dasar? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah (1) untuk
mendeskripsikan implementasi model Problem Based Learning pada kemampuan
pemecahan masalah materi pecahan untuk siswa kelas V sekolah dasar. (2) Untuk
mengidentifikasi terdapat peningkatan atau tidaknya kemampuan pemecahan
masalah siswa setelah mengimplementasikan model Problem Based Learning
pada materi pecahan untuk siswa kelas V SDN Tlogorejo Pati.
Jenis penelitian ini adalah penelitian metode mixed methods dalam bentuk
concurrent embedded. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN
Tlogorejo Pati Tahun Pelajaran 2019/2020. Sampel yang diambil adalah 30 siswa
kelas V dengan menggunakan Nonprobability Sampling berbentuk Sampling
Jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara,
observasi dan Dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan
pemecahan masalah, pedoman wawancara, dan pedoman observasi yang
divalidasi oleh ahli.
Hasil penelitian ini adalah (1) model Problem Based Learning dapat
diimplementasikan di sekolah dasar pada materi penjumlahan dan pengurangan
dua pecahan dengan penyebut yang berbeda siswa kelas V SDN Tlogorejo Pati.
(2) Perhitungan uji t diperoleh thitung lebih besar dari pada ttabel maka ditolak
dan diterima. Hal ini berarti kemampuan pemecahan masalah setelah diberikan
perlakuan menggunakan model Problem Based Learning tidak sama pada siswa
kelas V Sekolah Dasar. Kemudian hasil perhitungan N-Gain didapat sebesar 0,640
hal ini masuk ke dalam klasifikasi sedang. Sehingga dapat disimpulkan adanya
peningkatan kemampuan pemecahan masalah menggunakan model Problem
Based Learning pada materi pecahan.
Saran yang dapat disampaikan adalah supaya model Problem Based Learning
dapat digunakan sebagai salah satu model pembelajaran alternatif guru dalam
mengajar sehingga meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 07:36 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 07:36 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7244 |