NINGRUM, ENY YUANDIKA PERDANA (2020) DIKSI DAN CITRAAN DALAM LIRIK LAGU ALBUM “MONOKROM” KARYA TULUS SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN APRESIASI PUISI DI SMA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
ENY YUANDIKA PERDANA NINGRUM.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Lirik lagu menjadi salah satu terobosan pengalihan karya sastra jenis
puisi. Hal itu menjadikan bahwa lirik lagu memiliki karakteristik yang sama
dengan puisi. Bahasa yang khas dalam penulisan lirik lagu tidak terlepas dari
pilihan kata (diksi) dan imajinsi (citraan). Ciri khas yang menjadi daya tarik
dalam sebuah lirik lagu dapat dilihat pada pemilihan diksi dan citraan yang
digunakan secara tepat. Pemilihan kata dalam lirik lagu album ―Monokrom‖
karya Tulus mempunyai lirik puitis. Dalam penelitian ini akan mengkaji diksi
dan citraan dalam lirik lagu album ―Monokrom‖ karya Tulus. Kajian diksi dan
citraan dalam lirik lagu termasuk dalam pembelajaran apresiasi sastra.
Pembelajaran apresiasi sastra dengan memanfaatkan lirik lagu sebagai karya
sastra puisi belum banyak dilakukan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana diksi yang
terdapat dalam lirik lagu album ―Monokrom‖ karya Tulus?, Bagaimana
citraan yang terdapat dalam lirik lagu album ―Monokrom‖ karya Tulus?,
Bagaimana pembelajaran apresiasi puisi di SMA menggunakan diksi dan
citraan lirik lagu album ―Monokrom‖ karya Tulus?. Adapun tujuan dalam
penelitian ini untuk mendeskripsikan diksi yang terdapat dalam lirik lagu
album ―Monokrom‖ karya Tulus, mendeskripsikan citraan yang terdapat
dalam lirik lagu album ―Monokrom‖ karya Tulus, mendeskripsikan
pembelajaran apresiasi puisi di SMA menggunakan diksi dan citraan lirik lagu
album ―Monokrom‖ karya Tulus.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian studi
kepustakaan dengan teknik analisis data kualitatif deskriptif. Sumber data
penelitian ini berupa lirik lagu album ―Monokrom‖ karya Tulu. Data dalam
penelitian ini berupa kata-kata dalam lirik lagu album ―Monokrom‖ karya
Tulus yang mengandung diksi dan citraan. Teknik pemgumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan teknik pustaka, teknik baca, dan teknik catat.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan penggunaan diksi dan
citraan dalam lirik lagu album ―Monokrom‖ karya Tulus sebanyak 47 data
ix
yang terdiri dari 34 diksi meliputi 5 data kata konkret, 10 data kata abstrak, 8
data bermakna denotasi, 2 data bermakna konotasi, 1 data kata umum, 1 data
kata khusus, 1 data antonim, 1 data homonim, 3 data hiponim, 1 data
hipernim, 1 data sinonim, dan 13 citraan meliputi 2 data citraan gerak, 5 data
citraan penglihatan, 3 data citraan perabaan, 1 data citraan penciuman serta 2
data citraan pendengaran. Penggunaan diksi paling dominan pada diksi
berdasarkan kata konkret sedangkan citraan yang paling dominan digunakan
ditemukan pada citraan penglihatan.
Hasil penelitian ini dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran
apresiasi puisi di SMA pada KD. 3.17. Menganalisis unsur pembangun puisi
kelas X. Pembelajaran dapat dilakukan dengan tiga tahap yaitu tahap
perencanaan meliputi penyusunan RPP dan menyiapkan media pembelajaran,
tahap pelaksanaan guru menggunakan metode ceramah dan diskusi serta
model inquiri dengan pendekatan saintifik, tahap evaluasi guru menganalisis
hasil proses pembelajaran yang diukur melalui tes tertulis. Saran yang perlu
penulis sampaikan adalah Guru hendaknya dapat memberikan materi dan
bahan ajar yang dapat menarik peserta didik.
Kata Kunci: Diksi, citraan, lirik lagu, pembelajaran apresiasi puisi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 07:34 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 07:34 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7240 |