PERAN SEKOLAH DALAM PENENTUAN STUDI LANJUT KE PERGURUAN TINGGI (Studi Kasus Madrasah Aliyah Negeri Kendal)

FITRIYANI, SITI NURUL (2019) PERAN SEKOLAH DALAM PENENTUAN STUDI LANJUT KE PERGURUAN TINGGI (Studi Kasus Madrasah Aliyah Negeri Kendal). Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Siti Nurul F.pdf] Text
Siti Nurul F.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Siti Nurul Fitriyani “Peran Sekolah Dalam Penentuan Studi Lanjut Ke
Perguruan Tinggi (Studi Kasus Madrasah Aliyah Negeri Kendal)”, Fakultas
Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Keolahragaan, Universitas Pgri
Semarang, 2019.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh peran sekolah yang mempunyai
pengaruh yang cukup kuat bagi karir peserta didik terutama dalam penentuan studi
lanjut peserta didik. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apa peran
sekolah dalam penentuan studi lanjut ke perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan
untuk mendeskripsikan peran sekolah dalam memberikan arahan kepada peserta
didiknya untuk melanjutkan ke perguruan tinggi.
Metode yang digunakan dalam penelitian menggunakan metode kualitatif.
Alat pengumpulan data dalam penelitian menggunakan teknik wawancara dan
dukumen. Lokasi penelitian dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kendal
terletak dikomplek Inslamic Center, Jalan Soekarno-Hatta No. 18, Bugangin,
Kendal, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Subyek penelitian ini yaitu Waka
Kurikulum, Guru BK, dan 3 Alumni Madrasah Aliyah Negeri Kendal.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Madrasah Aliyah Negeri Kendal sudah
melakukan berbagai upaya karena harapan sekolah dan harapan guru
menginginkan peserta didiknya untuk lanjut studi. Sekolah sudah memberikan
wawasan mengenai perguruan tinggi, sekolah sudah memberikan informasi
beasiswa yang ada di perguruan tinggi, sekolah sudah memberikan arahan-arahan
kepada peserta didik yang ingin lanjut studi, sekolah sudah memberikan
sosialisasi perguruan tinggi, dan sekolah sudah melakukan kerjasama MOU
dengan beberapa perguruan tinggi.
Kesimpulannya yaitu Sekolah sudah melakukan perannya dengan baik
dalam penentuan studi lanjut peserta didik. Namun ada beberapa hal yang menjadi
bahan pertimbangan peserta didik untuk lanjut studi seperti : faktor lingkungan
sekolah dan teman sebaya, faktor ekonomi, dan faktor lingkungan masyarakat.
Oleh karena itu diperlukan dukungan maksimal dari sekolah dan keluarga
terhadap minat peserta didik untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.
Kata Kunci : Peran Sekolah, Harapan Sekolah, Harapan Guru, Faktor
Lingkungan Sekolah Dan Teman Sebaya, Faktor Ekonomi, Dan Faktor
Lingkungan Masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Nov 2024 07:32
Last Modified: 05 Nov 2024 07:32
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7237

Actions (login required)

View Item
View Item