IMPLEMENTASI ALAT BANTU PAPAN LUNCUR TERHADAP KEMAMPUAN RENANG GAYA BEBAS SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 GODONG

Nurhalimah, Siti (2019) IMPLEMENTASI ALAT BANTU PAPAN LUNCUR TERHADAP KEMAMPUAN RENANG GAYA BEBAS SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 GODONG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Siti Nurhalimah.pdf] Text
Siti Nurhalimah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Siti Nurhalimah “Implementasi alat bantu papan luncur terhadap kemampuan
renang gaya bebas kelas X SMA Negeri 1 Godong “.Fakultas Pendidikan Ilmu
Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, tahun 2019.
Latar belakangpermasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya
kemampuan renang gaya bebas. Berdasarkan latar belakang permasalahan,
rumusan masalah penelitian ini adalah apakah implementasi alat bantu papan
luncur dapat meningkatkan kemampuan renang gaya bebas.Tujuan penelitian ini
adalah mengetahui seberapa besar implementasi alat bantu papan luncur terhadap
kemampuan renang gaya bebas kelas X di SMA Negeri 1 GODONG.
Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment desaign dan desaign
yang digunakan adalah desaign prettest-posttest control group dengan
pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Sampling sistematis, dengan cara
mengumpulkan semua ketua kelas X MIPA untuk mengambil nomor urut 1
sampai 7, nomor urut yang akan dijadikan sampel nomor yang berkelipatan 3.
Hasil dari undian tersebut adalah (kelas control) MIPA 1 berjumlah 35 siswa dan
(kelas experiment) MIPA 6 berjumlah 35 siswa di SMA Negeri 1 Godong.
Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes menggunakan rublik
penilaian.
Hasil pada penelitian ini adalah terdapat peningkatan kemampuan renang
gaya bebas pada kelas control dan kelas experiment.Hal ini diketahui dari nilai
praktik renang gaya bebaskelas control dan kelas experiment Uji normalitas
dengan nilai Sig. = 2,89, nilai Sig. > α (2,89> 0,05) maka data dikatakan normal.
Uji homogenitas dengan nilai sig. = 0,538, nilai sig. > α(0,538>0,05) maka
dikatakan homogen. Pada uji t diketahui nilai (2-tailed) Sig. > α (0,273> 0,05)
karena nilai Sig. (2-tailed)>α maka H0 diterima, artinya ada perbedaan rata-rata
nilai psikomotor kelas control dan kelas experiment.
Jadi dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan dari kedua kelas tetapi kelas
experimentlebih meningkat dibandingkan kelas control, Kelas control dengan
nilai rata-rata pretest 60% dan posttest 70% meningkat 3% dan kelas
experimentdengan nilai rata-rata pretest 61% dan posttest 73% meningkat 12%.
Saran yang dapat penulis sampaikan adalah siswa lebih serius berlatih agar bisa
renang dengan baik.
Kata Kunci :Papan Luncur, Kemampuan Renang Gaya Bebas, Siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Nov 2024 07:30
Last Modified: 05 Nov 2024 07:30
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7234

Actions (login required)

View Item
View Item