SETIAWAN, M. IMRON and WULANDARI, AYUK (2020) ANALISIS KINERJA SIMPANG BERSINYAL (studi kasus Simpang Lima Tlogosari, Kota Semarang). Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
m.imron.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Perkembangan kota Semarang turut memberikan dampak pada perubahan
dalam berbagai sistem di perkotaan termasuk di dalamnya sistem transportasi,
tidak seimbangnya jumlah lalu lintas dengan lebar efektif jalan, rendahnya tingkat
pelayanan, pendeknya waktu hijau akan mengakibatkan tundaan dan antrian lalu
lintas pada persimpangan, dimana perkembangan ini tentu akan berpengaruh
dengan peningkatan arus lalu lintas. Hal ini menimbulkan permasalahan untuk
kinerja sarana prasarana jalan salah satunya simpang bersinyal. Analisis dapat
menjadi langkah untuk mengatasi permasalahan ini. Sebagaimana hal tersebut,
menjadikan alasan melakukan studi mengenai fase dan waktu siklus pada
persimpangan bersinyal Tlogosari. Studi ini menggunakan metode pendekatan
dari MKJI (Manual Kapasitas Jalan Indonesia) 1997, dengan meninjau
persimpangan bersinyal Tlogosari yang meliputi Jl.Soekarno Hatta, Jl.Tlogosari,
Jl.Supriyadi, dan Jl.Medoho. Perolehan data dari lapangan menunjukan, dimana
merubah waktu sinyal. Fase 1 dari yang awalnya Jl. Soekarno hatta (lengan
barat) 27 detik menjadi 55 detik, fase 2 Jl. Soekarno hatta (lengan timur) yang
awalnya 28 detik menjadi 56 detik, fase 3 Jl. Supriyadi yang awalnya 29 detik
menjadi 30 detik, fase 4 Jl. Tlogosari yang awalnya 33 detik menjadi 36 detik,
fase 5 Jl. Medoho yang awalnya 28 detik menjadi 23 detik. Dengan
Menambahkan waktu sinyal diharapan dapat memperbaiki tingkat pelayanan
simpangdari level F (Arus yang dipaksakan atau macet pada kecepatan yang
rendah. Antara panjang dan terjadi hambatan-hambatan yang besar) menjadi level
C (Dalam zona arus stabil pengemudi dibatasi dalam memilih kecepatan). Puncak
volume lalu lintas untuk jam sibuk terjadi pada hari senin, 5 Agustus 2019 pukul
16.45-17.00 adalah Jl. Soekarno Hatta sebesar 846 kendaraan per 15 menit,
kapasitas sebesar 826.5 kendaraan per 15 menit dan nilai derajat kejenuhan
sebesar 1.02.
Kata Kunci : Simpang bersinyal, Kinerja simpang bersinyal, Derajat kejenuhan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Informatika > Teknik Sipil |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 07:30 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 07:30 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7233 |