AZIZAH, SITI NUR (2020) ANALISIS METAPHORMING MELALUI MEDIA LOOSE PARTS PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B PAUD UNGGULAN TAMAN BELIA CANDI SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
SITI NUR AZIZAH.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Siti Nur Azizah NPM 15150059. “Analisis Metaphorming melalui Media Loose Parts
Pada Anak Usia Dini Kelompok B Paud Unggulan Taman Belia Candi Semarang”.
Skripsi. Program StudiPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu
PendidikanUniversitas PGRI Semarang.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kreativitas anak-anak Indonesia
perlu ditingkatkan lebih tinggi lagi, hal ini dimaksud untuk mencapai pendidikan yang
berkualitas perlu adanya pengembangan kreativitas. Fokus penelitian dari penelitian iniadalah
Bagaimana strategi metaphorming melalui media loose parts pada anak usia dini kelompok B
PAUD Unggulan Taman Belia Candi Semarang?. Tujuan penelitian ini adalah
mendeskripsikan metaphorming melalui media loose parts pada anak usia dini.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, penelitian kualitatif adalah metode
penelitian yang berlandaskan pada filsafat post positivisme, digunakan untuk meneliti kondisi
obyek yang bersifat alamiah.Metode pengumpulan data menggunakan observasi,
dokumentasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan pengumpulan data, seleksi data,
menyajikan dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa metaphorming sebagian besar telah
dilaksanakan, hal ini terdapat pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan proses
pembelajaran yang telah memuat langkah-langkah metaphorming, meliputi: 1) Koneksi
(Connection) ditemukan ketika pembahasan tema dengan menggali informasi sebanyak-
banyaknya; 2) Penemuan (Discovery) terjadi ketika anak mulai merancang ide atau gagasan
yang akan dituangkan melalui media loose parts dan memilih kegiatan main sesuai minat
anak; 3) Penciptaan (Invention) dijumpai ketika anak bermain media loose parts sehingga
anak dapat menciptakan dan mengembangkan ide maupun gagasan sesuai tema yang telah
dibahas; 4) Aplikasi (Aplication) terjadi ketika anak menceritakan karya yang telah dibuat
melalui media loose parts yang diterapkan pada kehidupan, hal ini menunjukkan anak dapat
membuat koneksi kata per kata untuk menggambarkan idenya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 07:26 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 07:26 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7230 |