KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU AKTIVITAS PETA SI PINTAR (PETUALANGAN DI TAMAN MUSIK PINTAR) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR TEMA 2 KEGEMARANKU SUBTEMA 2 GEMAR BERNYANYI DAN MENARI SISWA KELAS I SD N BUGANGAN 01 SEMARANG

RIAWAN, M. RISCO INDRA (2020) KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU AKTIVITAS PETA SI PINTAR (PETUALANGAN DI TAMAN MUSIK PINTAR) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR TEMA 2 KEGEMARANKU SUBTEMA 2 GEMAR BERNYANYI DAN MENARI SISWA KELAS I SD N BUGANGAN 01 SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of M. RISCO INDRA RIAWAN.pdf] Text
M. RISCO INDRA RIAWAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

M. Risco Indra Riawan. NPM 16120447 Kefektifan Media Pembelajaran Buku
Aktivitas Peta Si Pintar (Petualangan Di Taman Musik Pintar) Terhadap
Motivasi Belajar Tema 2 Kegemaranku Subtema 2 Gemar Bernyanyi Dan Menari
Siswa Kelas I SD N Bugangan 01 Semarang. Skripsi Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang tahun
2019/2020.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah guru mengajar
secara konvensional tanpa menggunakan media karena terbatasnya fasilitas
sehingga kurang percaya diri siswa masih rendah karena kurangnya melibatkan
siswa serta lemahnya siswa dalam memahami konsep materi pembelajaran
tematik.
Rumusan masalahnya adalah apakah Apakah media pembelajaran Buku
Aktivitas Peta Si Pintar efektif terhadap motivasi belajar Tema 2 Kegemaranku
Subtema 2 Gemar Bernyanyi dan Menari siswa kelas I SD Bugangan N 01
Semarang? Apakah ada pengaruh motivasi belajar siswa pada penggunaan media
pembelajaran Peta Si Pintar terhadap hasil belajar siswa pada Tema 2
Kegemaranku Subtema 2 Gemar Bernyanyi dan Menari siswa kelas 1 SD N
Bugangan 01 Semarang ? adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
keefektifan media pembelajaran Peta Si Pintar terhadap motivasi belajar Tema 2
kegemaranku Subtema 2 Gemar Bernyanyi dan Menari siswa kelas I SD
Bugangan 01 Semarang.
Dalam
penelitian
ini
digunakan
pendekatan
kuantitatif
dengan
menggunakan rancangan Pre-Experimental Design dengan bentuk Desain
penelitian One-Group pretest-posttest Design. Teknik pengambilan data
berdasarkan angket dan soal evaluasi. Berdasarkan hasil uji validitas angket
motivasi belajar terdapat 30 pernyataan yang valid 10 pernyataan yang tidak valid
dan reliabilitas diperoleh
= 0.817 dengan kategori reliabilitas sangat tinggi.
Sedangkan hasil uji validitas soal evaluasi terdapat 22 pernyataan yang valid 3
pernyataan yang tidak valid dan reliabilitas diperoleh
= 0.905 dengan
kategori reliabilitas sangat tinggi.
Data didapat dari skor motivasi belajar dan hasil belajar pada hasil pretest
dan posttest. Analisis data yang diperoleh dengan membandingkan motivasi
belajar dan hasil belajar pada kondisi awal, hasil penelitian menunjukkan (1)
motivasi belajar meningkat skor rata-rata sebelum perlakuan 78,7 dan setelah
diberi perlakuan naik menjadi 96,9, (2) Pada hasil soal pretest diperoleh nilai rata-
rata sebesar 65,65 dan soal posttest naik menjadi 92,1. Sehingga diperoleh hasil
regresi dengan skor r²= 0,0022 = 0,22%. Ini membuktikan bahwa salah satu faktor
yang mempengaruhi prestasi siswa adalah motivasi belajar. Berdasarkan hasil
penelitian ini saran yang dapat disimpulkan adalah penggunaan media
pembelajaran Peta Si Pintar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas I SD
N Bugangan 01 Semarang.
Saran dalam penelitian ini adalah guru perlu adanya penggunaan media
pembelajaran yang dapat memudahkan dalam mengajar dan dapat memotivasi
anak dalam belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Nov 2024 07:26
Last Modified: 05 Nov 2024 07:26
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7228

Actions (login required)

View Item
View Item