MENINGKATKAN PEMBELAJARAN PASSING BAWAH MELALUI PERMAINAN BOLA PANTUL DENGAN PENDEKATAN BERPASANGAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 WONOSALAM

Nugroho, Endri (2020) MENINGKATKAN PEMBELAJARAN PASSING BAWAH MELALUI PERMAINAN BOLA PANTUL DENGAN PENDEKATAN BERPASANGAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 WONOSALAM. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Endri Nugroho.pdf] Text
Endri Nugroho.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Endri Nugroho. NPM 15230096. “Meningkatkan Pembelajaran Passing
Bawah Melalui Permainan Bola Pantul Dengan Pendekatan Berpasangan Pada
Siswa Kelas VIII Smp Negeri 1 Wonosalam” Skripsi, Fakultas Pendidikan Ilmu
Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan. Universitas PGRI Semarang. 2019.
Latar belakang permasalahan dalam penelitian ini adalah banyak siswa yang
belum mampu melakukan gerakan passing bawah dengan benar. Sering kali para
siswa merasa sakit pada bagian tangan karena bola terasa berat bagi mereka.
Rumusan masalah apakah dengan pendekatan berpasangan melalui permainan
bola pantul dapat meningkatkan pembelajaran passing bawah. Tujuan penelitian
ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menggunakan permainan bola pantul
dengan pendekatan berpasangan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam
melakukan passing bawah pada materi permainan bola voli.
Penelitian ini menggunakan kuantitatif. Desain penelitian ini adalah Pre-
Experimental Design dengan jenis One-Group Pretest-Posttest Design.
Pengambilan sampel menggunakan sampling purposive. Sampel dari penelitian
ini yaitu Siswa Kelas VIII D Smp Negeri 1 Wonosalam yang berjumlah 29 siswa.
Analisis data menggunakan uji paired sample t-test.
Hasil penelitian Pada hasil posttest menujukkan bahwa pada treatment
pertama memiliki angka minimum sebesar 14 nilai maksimum sebesar 33 dan
nilai rata-rata sebesar 22,448. Pada hasil posttest menujukkan bahwa pada
treatment kedua memiliki angka minimum sebesar 14 nilai maksimum sebesar 34
dan nilai rata-rata sebesar 22,620. Pada hasil posttest menujukkan bahwa pada
treatment ketiga memiliki angka minimum sebesar 15 nilai maksimum sebesar
34 dan nilai rata-rata sebesar 22,827
Maka hal ini dapat di simpulkan dari data pretest memiliki rata-rata
15,7329, selanjutnya pada saat posttest rata-rata mencapai 23,000. Besarnya
peningkatan kemampuan passing tersebut dapat dilihat dari perbedaan nilai rata-
rata yaitu sebesar 7,267, dengan kenaikan persentase sebesar 46,38%. maka hasil
ini menunjukkan latihan permainan bola pantul berpasangan memberikan
pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan passing bawah siswa kelas VIII
SMP Negeri 1 Wonosalam. Saran guru lebih kreatif untuk menciptakan model-
model yang unik dan menarik. Agar siswa tidak cepat bosan dan jenuh dalam
penyerapan materi.
Kata Kunci : Passing Bawah Melalui Permainan Bola Pantul.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Nov 2024 07:22
Last Modified: 05 Nov 2024 07:22
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7226

Actions (login required)

View Item
View Item