SUKAESIH, ENDANG SRI (2020) KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH KONTEKSTUAL DITINJAU DARI KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Endang Sri Sukaesih.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian kualitatif yang bertujuan mendeskripsikan
kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam memecahkan masalah
kontekstual ditinjau dari komunikasi matematis siswa pada materi program linear.
Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMA di Semarang. Analisis data dilakukan
dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas
data menggunakan teknik triangulasi waktu dan triangulasi teknik. Hasil penelitian
adalah: (1) siswa dengan kemampuan komunikasi matematis tinggi cenderung
memiliki 4 indikator pemahaman konsep matematis, satu indikator yang tidak
terpenuhi yaitu pada indikator memberi contoh dan bukan contoh. (2) siswa dengan
kemampuan komunikasi matematis sedang cenderung tidak memiliki 3 indikator
kemampuan pemahaman konsep matematis, subjek hanya mampu mengklasifikasi
objek berdasarkan sifat-sifat tertentu sesuai konsepnya dan menyatakan ulang
konsep yang telah dipelajari. (3) Siswa dengan kemampuan komunikasi matematis
rendah cenderung tidak memiliki 3 indikator pemahaman konsep matematis, subjek
hanya mampu dalam mengklasifikasi objek berdasarkan sifat-sifat tertentu sesuai
konsepnya dan menyajikan konsep dalam berbagai macam representasi
matematika.
Kata Kunci: Pemahaman Konsep Matematis, Pemecahan Masalah, Masalah
Kontekstual, komunikasi matematis
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 07:20 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 07:20 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7224 |