PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PERMAINAN SIMULASI UNTUK MENGEMBANGKAN KONSEP DIRI SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 6 SEMARANG

RAMADHANI, SITI NABILLA (2020) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PERMAINAN SIMULASI UNTUK MENGEMBANGKAN KONSEP DIRI SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 6 SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SITI NABILLA RAMADHANI.pdf] Text
SITI NABILLA RAMADHANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Siti Nabilla Ramadhani. NPM 15110079: “Pengaruh Layanan
Bimbingan
Kelompok
Dengan
Teknik
Permainan
Simulasi
Untuk
Mengembangkan Konsep diri pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Semarang”.
Heri Saptadi Ismanto S.Pd., M.Pd., Kons, selaku pembimbing I dan Farikha
Wahyu Lestari, S.Pd, M.Pd, selaku pembimbing II. Program Studi Bimbingan
Dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. 2019.
Penelitian ini dilatar belakangi masih rendahnya konsep diri pada siswa.
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menumbuhkan
maupun mengembangkan konsep diri pada siswa kelas VIII SMP Negeri 6
Semarang.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa
kelas VIII SMP Negeri 6 Semarang dengan jumlah 224 siswa. Sampel diambil 28
siswa terdiri dari 14 siswa kelas kontrol dan 14 siswa kelas eksperimen. Teknik
pengambilan sampel dengan proportionate stratified random sampling. Data
dalam penelitian ini diperoleh melalui instrumen penelitian skala psikologis
dengan skala likert konsep diri yang dimodifikasi dengan empat alternatif
jawaban. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design
dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design.
Berdasarkan hasil analisis, peneliti dapat menyimpulkan sebagai berikut :
dalam hail uji hipotesis (uji t) diperoleh hasil thitung 5,875 ttabel sebesar 2,055 pada
signifikan 5% berarti 5,875 > ttabel = 2,055. Atas dasar perhitungan tersebut maka
hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi “ada pengaruh bimbingan kelompok
dengan teknik permainan simulasi untuk mengembangkan konsep diri siswa kelas
VIII SMP Negeri 6 Semarang”. Dengan demikian menunjukkan bahwa bimbingan
kelompok dengaan teknik permainan simulasi berpengaruh terhadap konsep diri.
Dari hasil penelitian yang dilakukan, saran kepada guru pembimbing
hendaknya perlu mengoptimalkan disiplin ilmu dibidang bimbingan dan konseling
dalam memberikan layanan terhadap siswa yang memiliki permasalahan
rendahnya konsep diri siswa di sekolah.
Kata Kunci : Konsep diri, bimbingan kelompok, teknik permainan simulasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Nov 2024 07:15
Last Modified: 05 Nov 2024 07:15
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7218

Actions (login required)

View Item
View Item