UTAMI, AJENG RETNO (2019) HUBUNGAN ANTARA KREATIVITAS GURU DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 GODONG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Ajeng Retno Utami.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Ajeng Retno Utami. NPM 15110104: “Hubungan Antara Kreativitas
Guru Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Godong” Skripsi.
Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas
PGRI Semarang 2019. Dosen Pembimbing I: Suhendri, S.Pd., M.Pd., Kons.
Dosen Pembimbing II: MA. Primaningrum Dian, S.Psi., M.Psi., Psi.
Penelitian Hubungan Antara Kreativitas Guru Dengan Hasil Belajar Siswa
Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Godong ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat
dan ketekunan siswa mengikuti pembelajaran sehingga membuat hasil belajar
menjadi rendah. Adapun bentuk dari hasil belajar siswa yang rendah adalah siswa
tidak memperhatikan pembelajaran karena pengajaran kurang menarik,
konsentrasi terganggu, siswa kurang aktif ketika pembelajaran dan siswa kesulitan
memahami materi yang disampaikan oleh guru.
Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional yang
bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara variabel terikat dengan
variabel bebas berdasarkan angka koefisien korelasinya, subjek dari penelitian ini
adalah guru dan siswa SMA Negeri 1 Godong. Jumlah sampel yang digunakan 99
siswa dari kelas XI IPS 1, XI IPS 2, XI IPS 4, XI IPS 5 serta 30 guru dan 34 siswa
kelas XI IPS 3 digunakan untuk try out. Teknik sampling yang digunakan dalam
penelitian ini menggunakan stratified random sampling. Data penelitian diperoleh
melalui skala kreativitas guru dan skala hasil belajar.
Hasil analisis korelasi Berdasarkan nilai (rxy = 0,433, p = 0,017) dapat
diketahui antara kreativitas guru dan hasil belajar siswa memiliki p 0,017 < 0,05
yang berarti terdapat korelasi yang signifikan. Besar sumbangan variabel
kreativitas guru yaitu 18,74%. Artinya kreativitas guru memberikan kontribusi
terhadap hasil belajar sebesar 18,74% dan sisanya ditentukan oleh variabel lain.
Hasil uji signifikansi dengan = 0,05 dan n = 129. Uji dua pihak; dk = n-2 = 129-2
= 127, diperoleh ttabel = 1,656. Hasilnya thitung ≥ ttabel atau 5,999 ≥ 1,656, maka
artinya ada hubungan yang signifikan antara kreativitas guru dan hasil belajar.
Saran peneliti adalah adalah kreativitas guru tetap dikembangkan salah satunya
sebagai faktor dalam peningkatan hasil belajar siswa.
Kata kunci: Kreativitas Guru, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 07:14 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 07:14 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7217 |