MUJAYANAH, SITI (2020) ANALISIS KESALAHAN MEMAHAMI DAN MENULIS BACAAN PROSEDURAL DALAM MENGGAMBAR BANGUN GEOMETRI KELAS III SD NEGERI MANYARAN 02 SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
SITI MUJAYANAH.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
SITI MUJAYANAH. NPM 16120396. “Analisis Kesalahan Memahami Dan
Menulis Bacaan Prosedural Dalam Menggambar Bangun Geometri Kelas III SD
N Manyaran 02 Semarang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Dosen
Pembimbing I Dr. Bagus Ardi Saputro, M.Pd. Dosen Pembimbing II M. Arief
Budiman, S.S., M.Hum. 2020.
Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya nilai mata pelajaran Bahasa
Indonesia materi menulis dan Matematika mteri geometri. Kesulitan siswa dalam
meuliskan ide pemikiran sendiri ke dalam kalimat menjadi penyebab siwa
mendapat nilai kurang ari yang sudah ditentukan guru. Siswa juga kesulitan
dalam memahami bentuk-bentuk bangun datar.
Fokus penelitian ini yaitu menganalisis kesalahan-kesalahan yang
dilakukan siswa dalam memahami dan menulis bacaan procedural dalam
menggambar bangun geometri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
kesalahan yang dilakukan siswa ketika memahami dan menulis bacaan prosedural
dalam menggambar bangun geometri siswa kelas III SD N Manyaran 02
Semarang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif.
Penelitian ini dilakukan di SD N Manyaran 02 Semarang. Data dalam penelitian
ini diperoleh melalui tes tertulis dan wawancara .
Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa mengalami kesalahaan dalam
memahami konsep bangun jajar genjang. Kesalahan dalam menentukan letak
ukuran pajang dan lebar. Siswa tidak lengkap dalam menuliskan kalimat langkah-
langkah menggambar bangun dan bahkan tidak menuliskan salah satu langkahnya.
Siswa tidak sesuai dalam menentukan langkah atau cara menyelesaikan soal agar
terjawab dengan benar.
Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat diberikan adalah supaya
guru dapat memberikan pendampingan kepada siswa yang masih dalam level
analisis pada teori Van Hiele dimana siswa hanya mengetahui siat-sifat bangun
datar tetapi tidak dapat mengetahui sifat mana yang perlu dan mana yang cukup
untuk menggambarkan objek. Guru juga harus memperhatikan tahap operasional
konkrit dimana ketika menjelaskan konsep bentuk dan sifat bangun datar kepada
siswa sekolah dasar dapat menggunakan contoh pada benda-benda konkrit
sehingga ketika siswa diminta menuliskan langkah menggambar bangun tersebut
tidak kesulitan.
Kata kunci : Analisis Kesalahan, Menulis procedural, Menggambar geometri
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 07:10 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 07:10 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7213 |