MUARIFAH, SITI (2019) ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD NEGERI MANGUNREJO 1 DEMAK. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Siti Muarifah.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
SITI MUARIFAH. NPM 15120179. “Analisis Minat Belajar Siswa dalam Proses
Pembelajaran Tematik Kelas IV SD Negeri Mangunrejo 01 Demak”. Skripsi.
Program Studi Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang. Pembimbing I Ali Shodiqin, S.Si., M.Si. Pembimbing II Ikha
Listyarini, S.Pd., M.Hum.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar siswa pada proses
pembelajaran tematik di SD kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian
deskriptif yang menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian dilakukan pada
siswa kelas IV SD Negeri Mangunrejo 01 Demak. Lalu mengambil subjek pada
penelitian ini yaitu 3 siswa, yang terdiri dari siswa minat belajar tinggi (MT),
siswa minat belajar sedang (MS), siswa minat belajar rendah (MR). Data dalam
penelitian yaitu semua instrumen terkait sumber data diperoleh melalui angket,
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan data dengan cara
perpanjangan pengamatan, meningkatakan ketekunan, triangulasi data, teman
sejawat dan mengadakan member check. Sedangkan teknik analisis data melaui
tahap reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/kesimpulan.
Hasil penelitianya adalah sebagai berikut (1), subjek (MT) mempunyai
minat belajar tinggi, bahwa siswa mampu memenuhi semua indikator dari
keseluruhan setiap indikator yang dikerjakan oleh siswa, dalam hal ini
menunjukan bahwa siswa memiliki perasaan senang terhadap pembelajaran
tematik, memiliki perasaan tertarik terhadap pembelajaran tematik, memiliki sikap
perhatian, sikap positif/menerima, sehingga dalam hal itu membuat minat siswa
dalam pembelajaran tematik juga tinggi. (2) Subjek (MS) mempunyai minat
belajar sedang, bahwa siswa hanya memenuhi 2 indikator saja yaitu pada
indikator perhatian dan indikator sikap positif/menerima, sedangkan indikator
yang belum terpenuhi adalah pada indikator perasaan senang dan indikator
perasaan tertarik. (3) Subjek (MR) minat belajar rendah, minat belajar siswa pada
kategori minat belajar rendah, hampir keseluruhan indikator yang dikerjakan oleh
siswa belum terpenuhi. Hanya satu saja yang terpenuhi oleh siswa yaitu pada
indikator perasaan tertarik.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah Guru
hendaknya menggunakan media yang bervariasi dalam pembelajaran supaya
siswa cepat tanggap dan cepat dimengerti, guru hendaknya menggunakan
inovasi-inovasi baru dalam pembelajaran supaya siswa tidak mudah bosan
dalam pembelajaran.
Kata kunci: Minat, Tematik, Sekolah Dasar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 07:09 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 07:09 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7211 |