PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN LUKIS MIXED MEDIA PADA ANAK KELOMPOK A 2 TK NEGERI PEMBINA KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

KOMARINI, SITI (2020) PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN LUKIS MIXED MEDIA PADA ANAK KELOMPOK A 2 TK NEGERI PEMBINA KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Siti Komarini.pdf] Text
Siti Komarini.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

SITI KOMARINI. NPM 18156007. “ Peningkatan Keterampilan Motorik
Halus melalui Kegiatan Lukis Mixed Media pada kelompok A2 TK Negeri
Pembina Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020”. Skripsi. Program
Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang 2020.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurangnya
kemampuan motorik halus anak dalam hal mengeksplorasi media serta daya
kreasi anak yang masih lemah. Hal tersebut disebabkan karena kegiatan motorik
halus anak dilaksanakan secara terpisah-pisah, tidak mengeksplorasi kemampuan
motorik halus yang lain dan anak cenderung meniru pekerjaan temannya.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah upaya
meningkatkan keterampilan motorik halus melalui kegiatan lukis mixed media
dengan tema binatang dan tanaman? Tujuan penelitian ini adalah untuk
meningkatkan keterampilan motorik halus melalui kegiatan lukis mixed media.
Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini
menggunakan dua variabel yang terdiri dari satu variabel bebas atau variabel (X)
yaitu melukis mixed media, dan satu variabel terikat atau variabel (Y) yaitu
keterampilan motorik halus. Populasi peneliti adalah anak kelompok A2 TK
Negeri Pembina Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020 yang
berjumlah 21 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara,
dokumentasi, dan observasi.
Hasil analisis observasi aktifitas anak yang dicapai dari dua siklus
diperoleh hasil peningkatan keterampilan motorik halus anak mencapai 64% pada
siklus pertama dan 81% pada siklus kedua. Sehingga siklus II telah mencapai
target keberhasilan indikator kinerja. Kesimpulannya bahwa melalui kegiatan
lukis mixed media dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak.
Berdasarkan penelitian ini saran yang dapat peneliti sampaikan adalah
supaya kegiatan lukis mixed media dapat digunakan sebagai salah satu alternatif
guru dalam pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Nov 2024 07:05
Last Modified: 05 Nov 2024 07:05
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7207

Actions (login required)

View Item
View Item