Nada, Ainin (2019) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMA KELAS XI MENURUT LANGKAH – LANGKAH JOHN DEWEY DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Ainin Nada.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan
masalah matematika SMA siswa kelas XI menurut langkah-langkah John Dewey
ditinjau dari adversity quotient. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif
deskripstif. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga siswa kelas XI MIPA 5 SMA
Negeri 1 Mranggen yaitu siswa S-1 (quitters), siswa S-2 (campers), dan siswa S-3
(climbers). Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan pada siswa S-1
(quitters) dalam menyelesaikan masalah yaitu: kurang mampu dalam mengenali
masalah,
mampu
melakukan
pendefinisian
masalah,
kurang
mampu
mengembangkan beberapa hipotesis, tidak mampu menguji beberapa hipotesis
dan tidak mampu memilih hipotesis terbaik. Siswa S-2 (campers) dalam
menyelesaikan masalah mampu mengenali masalah, mampu mendefinisikan
masalah, kurang mampu mengembangkan beberapa hipotesis, mampu menguji
beberapa hipotesis dan tidak menyelesaikan memilih hipotesis terbaik. Siswa S-3
(climbers) sudah mampu semua dalam menyelesaikan masalah dengan baik yang
dimulai dari meyajikan atau mengenali masalah, mendefinisikan masalah,
mengembangkan beberapa hipotesis, menguji beberapa hipotesis dan memilih
hipotesis yang terbaik.
Kata Kunci: Adversity Quotient; Pemecahan Masalah; John Dewey.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 07:05 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 07:05 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7205 |