ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMA KELAS XI MENURUT LANGKAH – LANGKAH JOHN DEWEY DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT

Nada, Ainin (2019) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMA KELAS XI MENURUT LANGKAH – LANGKAH JOHN DEWEY DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Ainin Nada.pdf] Text
Ainin Nada.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan
masalah matematika SMA siswa kelas XI menurut langkah-langkah John Dewey
ditinjau dari adversity quotient. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif
deskripstif. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga siswa kelas XI MIPA 5 SMA
Negeri 1 Mranggen yaitu siswa S-1 (quitters), siswa S-2 (campers), dan siswa S-3
(climbers). Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan pada siswa S-1
(quitters) dalam menyelesaikan masalah yaitu: kurang mampu dalam mengenali
masalah,
mampu
melakukan
pendefinisian
masalah,
kurang
mampu
mengembangkan beberapa hipotesis, tidak mampu menguji beberapa hipotesis
dan tidak mampu memilih hipotesis terbaik. Siswa S-2 (campers) dalam
menyelesaikan masalah mampu mengenali masalah, mampu mendefinisikan
masalah, kurang mampu mengembangkan beberapa hipotesis, mampu menguji
beberapa hipotesis dan tidak menyelesaikan memilih hipotesis terbaik. Siswa S-3
(climbers) sudah mampu semua dalam menyelesaikan masalah dengan baik yang
dimulai dari meyajikan atau mengenali masalah, mendefinisikan masalah,
mengembangkan beberapa hipotesis, menguji beberapa hipotesis dan memilih
hipotesis yang terbaik.
Kata Kunci: Adversity Quotient; Pemecahan Masalah; John Dewey.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Nov 2024 07:05
Last Modified: 05 Nov 2024 07:05
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7205

Actions (login required)

View Item
View Item