PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA RESEPTIF ANAK MELALUI MEDIA GAMBAR SERI PADA ANAK KELOMPOK B DI RA SITI KHODIJAH KARANGROWO WONOSALAM DEMAK SEMESTER 1 TAHUN AJARAN 2019/2020

KHOFIYAH, SITI (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA RESEPTIF ANAK MELALUI MEDIA GAMBAR SERI PADA ANAK KELOMPOK B DI RA SITI KHODIJAH KARANGROWO WONOSALAM DEMAK SEMESTER 1 TAHUN AJARAN 2019/2020. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SITI KHOFIYAH.pdf] Text
SITI KHOFIYAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (928kB)

Abstract

Siti Khofiyah (NPM . 18156082). “Peningkatan Kemampuan Berbahasa
Reseptif Anak Melalui Gambar Seri Pada Anak Kelompok B di RA Siti Khodijah
Karangrowo Wonosalam Demak semester 1 tahun ajaran 2019/2020.” Skripsi
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu
Pendididkan Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Muniroh Munawar,
S.Pi., M.Pd. Dosen Pembimbing II Dwi Prasetyawati D.H, S.Pd, M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah masih rendahnya
kemampuan berbahasa, karena kurangnya stimulus dari guru untuk merangsang
kemampuan berbahasa anak. Masalah dalam penelitian ini tentang upaya
peningkatan kemampuan berbahasa reseptif anak melalui metode bercerita dengan
media Gambar seri Kelompok B di RA Siti Khodijah Karangrowo Wonosalam
Demak semester 1 tahun ajaran 2019/2020. Tujuan penelitian ini adalah untuk
meningkatkan kemampuan berbahasa anak melalui metode bercerita dengan media
gambar seri.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan penggumpulan data
berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini
sebanyak 18 anak Kelompok B di RA Siti Khodijah Karangrowo Wonosalam demak
semester 1 tahun ajaran 2019/2020”. Dari hasil akhir dengan menggunakan teknik
dua siklus diperoleh hasil peningkatan kemampuan berbahasa pada siklus I dengan
hasil rata-rata sebesar 61,11% dan siklus II ada peningkatan yang signifikan menjadi
83,33% indikator kerja tercapai. Hasil hipotesis yang berbunyi kemampuan berbahasa
reptif meningkat melalui metode bercerita dengan media gambar seri pada anak
Kelompok B di RA Siti Khodijah Karangrowo Wonosalam Demak semester 1 tahun
ajaran 2019/2020”. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
kemampuan berbahasa anak dapat ditingkatkan melalui metode bercerita dengan
media gambar seri.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya
guru lebih kreatif dalam menggunakan media pembelajaran untuk menarik minat
belajar anak didik. Selain itu hendaknya orang tua memantau perkembangan anak
khususnya perkembangan bahasa anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Nov 2024 07:03
Last Modified: 05 Nov 2024 07:03
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7204

Actions (login required)

View Item
View Item