SURYANI, EMA DWI (2020) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI PECAHAN KELAS IV C SD NEGERI BATURSARI 6 DEMAK. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
EMA DWI SURYANI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
Abstract
EMA DWI SURYANI. NPM 16120084 “Analisis Kesulitan Belajar Siswa
Dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Pecahan Kelas IV C SD Negeri
Batursari 6 Demak“. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan belajar siswa dalam
memecahkan masalah matematika pada materi pecahan. Adanya anggapan bahwa
matematika adalah pelajaran yang sulit diperkuat dengan hasil belajar matematika
yang masih rendah.
Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini yaitu 1) Apa saja
kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah
matematika materi pecahan?; 2) Faktor apa saja yang menyebabkan siswa
mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika
materi pecahan?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan –
kesulitan yang dialami siswa , faktor penyebab kesulitan pemecahan masalah
matematika materi pecahan.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan subjek 23 siswa yang
terindikasi kesulitan belajar matematika. Teknik yang digunakan untuk
mengumpulkan data adalah wawancara, angket, dokumentasi serta untuk
mengetahui kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika
menggunakan soal pemecahan masalah.
Berdasarkan analisis data yang telah diperoleh masih banyak siswa yang
masih mengalami kesulitan dalam memahami soal pemecahan masalah,
menentukan strategi, melakukan perhitungan dan memberikan kesimpulan. Selain
itu kesulitan belajar siswa dapat dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor
eksternal.
Simpulan hasil penelitian ini yaitu kesulitan belajar dalam memecahkan
masalah matematika materi pecahan yang terjadi di kelas IV C SD Negeri
Batursari 6 Demak meliputi kesulitan dalam memahami soal, membuat rencana,
melakukan perhitungan, dan tidak melakukan pemeriksaan jawaban kembali.
Faktor yang melatarbelakangi kesulitan belajar dalam memecahkan masalah
matematika materi pecahan, terdiri dari semangat belajar, bakat, minat, motivasi
siswa, kurangnya variasi belajar yang digunakan oleh guru, dan kurangnya peran
orang tua dalam mendampingi anak dalam belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 07:01 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 07:01 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7202 |