Fitriani, Annisa (2023) PENERAPAN LAYANAN KLASIKAL DENGAN MEDIA INSTAGRAM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS IX SMP NEGERI 21 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
ANNISA FITRIANI 19110124.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian Penerapan Layanan Klasikal Dengan Media Instagram Untuk
Meningkatkan Keterampilan Sosial Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 21
Semarang dilatar belakangi oleh peserta didik yang kurang maksimal dalam
mengembangkan keterampilan sosial. Hal tersebut disebabkan karena peserta didik
kurang mampu dalam mengendalikan diri dan kurang mampu menjalin hubungan
baik dengan orang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
layanan bimbingan klasikal dengan media Instagram terhadap peningkatan
keterampilan sosial peserta didik kelas IX SMP Negeri 21 Semarang. Penelitian ini
menggunakan penelitian kuantitatif, dengan model One-Group Pretes-Posttest
Design. Sampel dalam penelitian ini yaitu 32 peserta didik kelas IX D, 33 peserta
didik kelas IX E, dan peserta didik kelas IX F, diambil menggunakan teknik cluster
random sampling. Alat pengumpul data yang dipergunakan adalah skala
keterampilan sosial. Hasil uji hipotesis diperoleh hasil thitung = 0,363, ttabel = 1,984
dengan taraf signifikansi 5% (0,05). Hal tersebut menunjukkan bahwa thitung 0,363
< ttabel 1,984. Maka hipotesis nol yang berbunyi “tidak ada pengaruh signifikan
layanan bimbingan klasikal dengan media Instagram dalam meningkatkan
keterampilan sosial peserta didik kelas IX SMP Negeri 21 Semarang” diterima.
Dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan klasikal dengan media Instagram
tidak memiliki pengaruh terhadap peningkatan keterampilan sosial peserta didik
kelas IX SMP Negeri 21 Semarang.
Kata Kunci: bimbingan klasikal, media Instagram, keterampilan sosial
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 03 Jan 2024 04:21 |
Last Modified: | 04 Jan 2024 03:23 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/72 |