PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGRI 11 SEMARANG

SEPTIA S, MUHAMMAD IQBAL (2020) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGRI 11 SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of M IQBAL SEPTIA S.pdf] Text
M IQBAL SEPTIA S.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

MUHAMMAD IQBAL SEPTIA S, NPM 15110075. “Pengaruh Layanan
Bimbingan Kelompok Dengan Tektik Diskusi Terhadap Motivasi Belajar Siswa
Kelas XI MIPA SMA NEGRI 11 Semarang”. Heri Saptadi Ismanto, S.Pd.,
M.Pd., Kons, selaku pembimbing I dan Agus Setiawan, S.Pd, M, Pd, selaku
pembimbing II Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas PGRI Semarang 2019.
Penelitian dilatar belakangi oleh kurang antusias dalam proses belajar, sering
tidak memperhatikan pelajaran, menunda mengerjakan tugas, sibuk dengan
aktifitas diluar mata pelajaran seperti bermain smartphone, menunda-nuda dalam
hal belajar, kurang aktif apabila proses pembelajaran di kelas.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian adalah apakah bimbingan kelompok
dengan teknik diskusi berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas XI
MIPA SMA NEGRI 11 Semarang? Adapun tujuan yang hendak dicapai dalam
penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui
bimbingan kelompok dengan teknik diskusi pada siswa kelas XI MIPA SMA
NEGRI 11 Semarang.
Jenis penelitian adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas
XI MIPA SMA NEGRI 11 Semarang dengan jumlah 252 siswa. Metode yang
digunakan adalah true eksperiment, sampel yang diambil sebanyak 20 siswa yang
dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen
dengan menggunakan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Data
dalam penelitian diperoleh melalui instrumen penelitian skala motivasi belajar
dengan empat alternatif jawaban. Hasil analisis dengan menggunakan uji-t.
Penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design.
Hasil pretest menunjukkan rata-rata kelompok eksperimen sebesar 78,9 dan
kelompok kontrol menunjukkan rata-rata 78,3 sedangkan hasil postest
menunjukkan rata-rata kelompok eksperimen sebesar 90,2 dan kelompok kontrol
menunjukkan rata-rata 79,8. Terjadi peningkatan rata-rata kelompok eksperimen
sebesar 11,3 poin. Pada perhitungan uji-t diperoleh hasil thitung (5,612) dan ttabel
diperoleh pada taraf signifikan 5% sebesar 2,101. Maka thitung lebih besar dari ttabel
artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan Bimbingan
Kelompok dengan Teknik Diskusi Berpengaruh Terhadap Motivasi Belajar Siswa
Kelas XI MIPA SMA NEGRI 11 Semarang.
Kata kunci : Bimbingan kelompok dengan teknik diskusi, Motivasi belaja

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Nov 2024 06:56
Last Modified: 05 Nov 2024 06:56
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7197

Actions (login required)

View Item
View Item