FAKTOR KEDISIPLINAN BELAJAR PADA SISWA KELAS X SMK LARENDA BREBES

SUGIARTO, AHMAD PUJO (2019) FAKTOR KEDISIPLINAN BELAJAR PADA SISWA KELAS X SMK LARENDA BREBES. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of AHMAD PUJO SUGIARTO.pdf] Text
AHMAD PUJO SUGIARTO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Ahmad Pujo Sugirto. NPM 13110168. “Faktor Kedisiplinan Belajar
Pada Siswa Kelas x di SMK LARENDRA Brebes”. Skripsi Program Studi
Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.
2017. Pembimbing I Drs. Tri Suyati, M.Pd Pembimbing II Padmi Dhyah Yulianti,
S.Psi., M.Psi., Psikolog.September 2019
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya kedisiplinan belajar siswa.
Faktor kedisiplinan belajar siswa antara lain: Faktor internal adalah faktor yang
ada dalam dirinya sendiri antara lain meliputi kesadaran diri, motivasi belajar, dan
tidak mampu menyesuaikan diri dalam belajar. Sedangkan faktor eksternal adalah
faktor dari luar yang meliputi faktor keluarga, lingkungan sekolah, teman sebaya
dan masyarakat, tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor pembentuk disiplin
belajar siswa di kelas X SMK Larenda Brebes.
Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus yang dilakukan
dengan cara mendeskripsikan atau memaparkan fakta-fakta atau data-data yang
diperoleh dari sumber data. Data-data tersebut bersifat kualitatif karena tidak
berupa angka, tetapi berupa kalimat-kalimat atau pernyataan-pernyataan yang
berasal dari hasil metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data-data
tersebut selanjutnya dianalisis atau diuraikan untuk menemukan faktor
kedisiplinan belajar siswa siswa.
Berdasarkan data yang diperoleh dari 4 subjek penelitian, menunjukan
bahwa faktor kedisiplinan belajar siswa ada dua yaitu faktor intrinsik dan faktor
ekstrinsik. Faktor intrinsik yaitu faktor yang berasal dari dirinya sendiri yaitu
siswa yang malas, malas untuk belajar, tidak pernah mengerjakan PR atau tugas,
malas untuk mencatat dan membaca buku pelajaran,kurangnya kesadaran untuk
belajar, belum terbiasa dengan disiplin belajar. Kedua adalah faktor ekstrinsik
merupakan faktor yang berasal dari luar individu berupa lingkungan keluarga,
orangtua yang tidak pernah memberikan perhatian dan kasih sayang terhadap anak
mengakibatkan anak menjadi tidak disiplin belajar, selain itu pendidikan orang tua
juga mempengaruhi kedisiplinan belajar siswa, faktor lain adalah dari guru, guru
yang galak dan cara mengajar yang membosankan menyebabkan siswa malas
belajar, dan faktor terakhir yang mengakibatkan siswa tidak disiplin belajar karena
faktor lingkungan seperti teman bergaul di rumah dan lingkungan sekolah.
Saran yang dapat peneliti sampaikan adalah hendaknya orang tua mampu
memberikan pengawasan serta mengenal potensi atau kelebihan anak,
memberikan perhatian yang lebih terhadap anak. Guru BK hendaknya dapat
mensinergikn antara guru mata pelajaran, wali kelas dan memaksimalkan
pelayanan bimbingan dan konseling agar dapat menuntaskan permasalahan siswa
dengan baik. Adanya penelitian lanjutan dalam rangka menindak lanjuti
kedisiplinn belajar yang terjadi pada siswa.
Kata Kunci : Kedisiplinan Belajar, Siswa, Studi Kasus

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Nov 2024 06:50
Last Modified: 05 Nov 2024 06:50
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7195

Actions (login required)

View Item
View Item