PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS AKTIVITAS JASMANI DALAM KARAKTER RELIGIUS TEMA 1 PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP SUBTEMA 2 PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MANUSIA BAGI SISWA KELAS III SD

NAHROWI, AHMAD (2020) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS AKTIVITAS JASMANI DALAM KARAKTER RELIGIUS TEMA 1 PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP SUBTEMA 2 PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MANUSIA BAGI SISWA KELAS III SD. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of AHMAD NAHROWI.pdf] Text
AHMAD NAHROWI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

AHMAD NAHROWI. NPM 16120085. “Pengembangan Model Berbasis
Aktivitas Jasmani Dalam Karakter Religius Tema 1 Pertumbuhan dan
Perkembangan Makhluk Hidup Subtema 2 Pertumbuhan dan Perkembangan
Manusia Bagi Siswa Kelas III SD”. Skripsi. Program Studi Guru Sekolah Dasar
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.2020.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurangnya model
pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran PJOK dan belum adanya model
pembelajaran yang berbasis aktivitas jasmani untuk meningkatkan karakter religius
peserta didik. Sedangkan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana
Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Aktivitas Jasmani dalam Karakter
Religius? dan “Bagaimana Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Aktivitas
Jasmani dalam Karakter Religius?”.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan
model pembelajaran berbasis aktivitas jasmani dalam karakter religius untuk
meningkatkan karakter religius Kelas III Sekolah Dasar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and
Development (R&D) yang dikemukakan oleh Sugiyono dengan prosedur
pengembangan sampai dengan tahap kelima yaitu revisi desain. Tahapan prosedur
pengembangan tersebut yaitu Potensi dan Masalah, Pengumpulan Data, Desain
produk, Validasi desain dan revisi desain. Pengumpulan data dilakukan melalui
observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di
kelas III SD Negeri 2 Tunggulsari.
Hasil penelitian pengembangan model berbasis aktivitas jasmani dalam
karakter religius peserta didik sehat secara jasamani dan rohani dengan permainan
POS 1 – POS 4 , permainan POS 1 peserta didik dapat mengetahui surat An-Nasr
ayat 1-3, permainan POS 2 peserta didik mengerti dan bisa membaca surat An-Nasr
ayat 1-3, permainan POS 3 ini semua peserta didik dapat mengetahui arti surat An-
Nasr, permainan POS 4 ini mencangkup semua permainan pada POS sebelumnya
dan peserta didik dapat mengetahui Surat An-Nasr beserta artinya.
Kevalidan dan kepraktisan model pembelajaran berbasis aktivitas jasmani
dalam karakter religius tema 1 pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup
subtema 2 pertumbuhan dan perkembangan manusia bagi siswa kelas III SD. Hasil
penilaian validasi model dengan hasil kevalidan 93,7% dan penilaian validasi
materi 95%, hasil angket tanggapan peserta didik sebesar 96,9%, hasil angket
tanggapan guru PJOK sebesar 97,87%.
Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa Pengembangan model
berbasis aktivitas jasmani dalam karakter religius ini digunakan untuk
mengembangkan karakter religus peserta didik agar peserta didik sehat secara
jasmani dan rohani dengan peningkatan karakter religius peserta didik, Model
pembelajaran berbasis aktivitas jasmani dalam karfakter religius valid dan praktis
untuk digunakan.
Kata kunci: Aktivitas Jasmani, Karakter Religius,Model Pembelajaran

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Nov 2024 06:47
Last Modified: 05 Nov 2024 06:47
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7192

Actions (login required)

View Item
View Item