AYNI, ELLYA NUR (2020) PENERAPAN METODE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) BERBANTUAN MEDIA RODA PUTAR DALAM PEMBELAJARAN MENULIS AKSARA JAWA KELAS X SMAN 2 BLORA TAHUN AJARAN 2019/2020. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Ellya Nur Ayni.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
ELLYA NUR AYNI “Penerapan Metode Teams Games Touraments
(TGT) Berbantuan Media Roda Putar Dalam Pembelajaran Menulis Aksara Jawa
Kelas X SMA Negeri 2 Blora Tahun Ajaran 2019/2020”. Skripsi. Fakultas
Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Ibu
Alfiah, S. Pd., M. Pd. Pembimbing II Nuning Zaidah, S. Pd., M. A. Desember
2019
Kata Kunci: Menulis, Metode Teams Games Touraments, Aksara Jawa
Penelitian dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa kelas X
SMA Negeri 2 Blora dalam pemahaman sistematika penulisan aksara Jawa dan
minimnya metode pembelajaran yang menarik sehingga pembelajaran menulis
aksara Jawa terkesan membosankan. Berhubungan dengan permasalahan tersebut
maka rumusan masalah yang dikaji berupa bagaimana hasil penerapan metode
Teams Games Touraments (TGT) berbantuan media roda putar dalam
pembelajaran menulis aksara Jawa kelas X SMA Negeri 2 Blora tahun ajaran
2019/2020?. Dengan demikian didapat tujuan penelitian yaitu menjelaskan hasil
penerapan metode Teams Games Touraments (TGT) berbantuan media roda putar
dalam pembelajaran menulis aksara Jawa kelas X SMA Negeri 2 Blora tahun
ajaran 2019/2020.
Penelitian termasuk penelitian kuantitatif deskripstif dengan jenis
penelitian pre-eksperimental yang menggunakan desain one shot case study.
Populasi yang digunakan dalam peneltian adalah seluruh siswa kelas X SMA
Negeri 2 Blora. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas X IA1 SMA Negeri 2
Blora yang berjumlah 34 siswa dengan menggunakan teknik random sampling.
Sumber data penelitian adalah pembelajaran menulis aksara Jawa pada kelas X
SMA Negeri 2 Blora dan data penelitian berupa nilai hasil post test menulis
aksara Jawa dan hasil angket. Teknik pengumpulan data menggunakan dua teknik
yaitu teknik tes dan teknik non tes. Teknik tes berupa post test aspek pengetahuan
dan keterampilan menulis aksara Jawa, sedangkan teknik non tes berupa angket
dan observasi. Data yang didapat kemudian dihitung menggunakan analisis
statistik.
Berdasarkan analisis data, didapat hasil post tes menulis aksara Jawa
yaitu sebanyak 28 siswa tuntas yang mendapatkan nilai melebihi KKM dengan
perolehan presentase 85%, sedangkan terdapat sebanyak 5 siswa tidak tuntas yang
belum mencapai KKM dengan presentase 15%. Rata-rata nilai dalam penerapan
metode Teams Games Touraments berbantuan media roda putar diperoleh 78.
Hasil post test tersebut lebih tinggi dibanding nilai KKM yaitu 70. Tahap
observasi didapat presentase 85% hingga 100%. Pada tahap angket banyak siswa
yang berpendapat sangat setuju dengan presentase 88%. Dengan demikian hasil
penelitian dapat dikatakan bahwa metode Teams Games Touraments berbantuan
media roda putar dapat diterapkan dalam pembelajaran menulis aksara Jawa kelas
X SMA Negeri 2 Blora.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 06:45 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 06:45 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7190 |