LESTARI, SITI HADIYANTI INDAH (2019) METAFORA KONSEPTUAL PADA TEKS NEGOSIASI KARYA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 6 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
SITI HADIYANTI INDAH LESTARI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Siti Hadiyanti Indah Lestari. “Metafora Konseptual pada Teks
Negosiasi Karya Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 6 Semarang Tahun
Pelajaran 2018/2019”. Skripsi Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni.
Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Arisul Ulumuddin, S.Pd.,
M.Pd. pembimbing II Icuk Prayogi, S.S., M.A. Agustus 2019.
Kata kunci: metafora, metafora konseptual, teks negosiasi, menulis
Latar belakang dari penelitian ini adalah pentingnya mempelajari
metafora, karena metafora mampu digunakan dalam segala kondisi dan
situasi manusia. Secara tidak langsung, beberapa individu menggunakan
metafora dalam berkomunikasi namun individu ini tidak menyadari bahwa
ia sudah menggunakan metafora pada pengucapannya. Adapun, tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan metafora konseptual pada teks
negosiasi karya peserta didik kelas X SMA Negeri 6 Semarang Tahun
Ajaran 2018/2019.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa saja bentuk
metafora konseptual pada teks negosiasi karya peserta didik kelas X SMA
Negeri 6 Semarang Tahun Ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode pengumpulan data secara simak.
Sedangkan, metode analisis data menggunakan metode tafsir. Teknik
penyajian analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
penyajian informal. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah
peserta didik kelas X SMA Negeri 6 Semarang, sedangkan sampel yang
digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 3, X
MIPA 4, dan X IPS 2 SMA Negeri 6 Semarang.
Hasil penelitan ini ialah adanya penggunaan metafora konseptual
pada teks negosiasi karya peserta didik berjumlah 36 kata. Terdiri dari 5
kata yang mengandung Metafora Orientasional, 31 kata yang mengandung
Metafora Ontologis dan tidak ada kata yang mengandung Metafora
Struktural. Saran yang dapat penulis sampaikan ialah peserta didik diharap
meningkatkan kemampuan menulis sebuah teks agar peserta didik selalu
berpikir kreatif sehingga menghasilkan sebuah teks dengan baik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 06:42 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 06:42 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7188 |