EFEKTIVITAS E-LEARNING BERBASIS SCHOOLOGY TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA/SMK

Fithriyah, Elita (2020) EFEKTIVITAS E-LEARNING BERBASIS SCHOOLOGY TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA/SMK. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Elita Fithriyah.pdf] Text
Elita Fithriyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah membawa
perubahan yang sangat besar bagi kemajuan dunia pendidikan. Bentuk dari
perkembangan teknologi informasi yang diterapkan di dunia pendidikan adalah e-
learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan
penggunaan e-learning berbasis schoology terhadap minat dan hasil belajar siswa
kelas X di SMK Sultan Agung Sukolilo. Penelitian ini dilaksanakan di SMK
Sultan Agung Sukolilo pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Jenis
penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian
nonequivalent control group design. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah
minat dan hasil belajar siswa dan variabel bebasnya adalah e-learning berbasis
schoology. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK
Sultan Agung Sukolilo. Penentuan sampel dengan teknik sampling jenuh dan
hasilnya diperoleh kelas X-TKJ 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-TKJ 2
sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen terdiri dari 20 siswa dan kelas kontrol
terdiri dari 19 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes dan
angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-learning berbasis schoology
mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat dan hasil belajar siswa. Hal
tersebut diketahui dari perhitungan uji hipotesis minat dan hasil belajar dengan
menggunakan uji t. Dalam uji hipotesis minat diperoleh nilai signifikan sebesar
0,004 < 0,05 yang artinya Ha diterima dan uji hipotesis hasil belajar diperoleh
nilai signifikan pretest sebesar 0,026 dan posttest 0,039 < 0,05 yang artinya Ha
diterima. Dari hasil tersebut dapat dikatakan bahwa Ha dari minat dan hasil
belajar diterima. Dengan demikian pembelajaran online menggunakan schoology
efektif diterapkan, karena membari pengaruh yang baik terhadap minat dan hasil
belajar siswa.
Kata kunci: E-learning, Schoology, Minat dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Nov 2024 06:39
Last Modified: 05 Nov 2024 06:39
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7186

Actions (login required)

View Item
View Item