Desinta, Lutfiah (2020) ANALISIS HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN PESERTA DIDIK KELAS XI DESAIN GRAFIKA SMK NEGERI 11 SEMARANG TAHUN AJARAN 2019/2020. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Lutfiah Desinta.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Lutfiah Desinta “Analisis Hasil Belajar Mata Pelajaran Kewirausahaan
Peserta Didik Kelas XI Desain Grafika SMK Negeri 11 Semarang Tahun Ajaran
2019/2020”, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan,
Universitas PGRI Semarang, 2020. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil
belajar mempunyai cakupan makna yang lebih luas dari prestasi belajar. Prestasi
belajar seringkali dinyatakan dalam bentuk skor atau nilai yang diketahui setelah
dilakukan pengukuran dengan tes. Sedangkan hasil belajar tidak hanya dilihat dari
nilai atau skor saja, melainkan mencakup penilaian secara kualitatif (sikap,
tingkah laku, karakter, dsb). Rumusan masalah pada penelitian ini Bagaimana
hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan peserta didik kelas XI Desain Grafika
di SMK Negeri 11 Semarang?, pertama Kedua Bagaimana Penyebabkan kurang
Optimalnya Prestasi pembelajaran pada mata pelajaran kewirausahaan peserta
didik XI DG di SMK Negeri 11 Semarang?. Tujuan pada penelitian ini, pertama
Mendeskripsikan hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan peserta didik kelas
XI Desain Grafika di SMK Negeri 11 Semarang. Kedua Menganalisis penyebab
kurang maksimalnya hasil belajar pada mata pelajaran kewirausahaan peserta
didik XI Desain Grafika di SMK Negeri 11 Semarang.
Metode penelitian ini yaitu kualitatif studi kasus, peneliti melakukan
kegiatan penelitian dengan difokuskan pada suatu fenomena saja yang dipilih dan
ingin dipahami secara mendalam, dengan mengabaikan fenomena-fenomena
lainnya. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa pada penilaian hasil belajar ranah
kognitif, psikomotorik, Afektif dilakukan dengan Quiz untuk mengetahui
pemahaman masing-masing indikator, yang dilakukan secara tertulis dan bisa juga
dengan pertanyaan lisan di kelas. Untuk mengetahui pencapaian kompetensi
masing-masing Kompetensi Dasar dilakukan melalui ulangan harian. Namun
pelaksanaan pada penilaian ranah kognitif belum sepenuhnya dilaksanakan pada
mata pelajaran Ekonomi. Pada Penilaian ranah afektif dan ranah psikomotor
melalui pengamatan secara observasi. Namun penilian ranah afektif dan ranah
psikomotor belum sepenuhnya mengacu pada Kompetensi Inti- Kompetensi
Dasar.
Simpulan pada penelitian ini yaitu hasil belajar mata pelajaran
kewirausahaan peserta didik kelas XI Desain Grafika SMK Negeri 11 Semarang
Ranah kognitif, Psikomotorik, Afektif yaitu pada kesiapan siswa dalam
menyiapkan alat dan bahan belajar seperti buku tulis, buku cetak dan peralatan
lainnya masih sangat kurang. Kemampuan siswa untuk menjawab,bertanya atau
berkomentar terhadap pertanyaan atau masalah yang diberikan guru masih
cenderung pasif serta kurangnya kemampuan siswa untuk memaparkan hasil
diskusi dan mengajukan pertanyaan karena keterbatasan waktu.
Kata Kunci:hasil belajar mata Pelajaran Kewirausahaan
Lutfiah Desinta "Analysis of Learning Outcomes in Entrepreneurship
Subjects for Class XI Students in Graphic Design at SMK Negeri 11 Semarang
Academic Year 2019/2020", Faculty of Social Sciences and Sport Education,
PGRI University Semarang, 2020. This research is motivated by learning
outcomes that have a range of meanings. broader than learning achievement.
Learning achievement is often expressed in the form of a score or a known value
after being measured by a test. While learning outcomes are not only seen from
the value or score, but include qualitative assessment (attitude, behavior,
character, etc.). The formulation of the problem in this study. How are the
learning outcomes of students in class XI Graphic Design at SMK Negeri 11
Semarang? Second, what causes less optimal learning achievement in
entrepreneurship subjects of XI DG students at SMK Negeri 11 Semarang ?. The
purpose of this study, first to describe the learning outcomes of students in class
XI Graphic Design at SMK Negeri 11 Semarang. Second, to analyze the causes of
less than optimal learning outcomes in entrepreneurship subjects of XI Graphic
Design students at SMK Negeri 11 Semarang.
This research method is a qualitative case study, the researcher carries
out research activities focused on a selected phenomenon and wants to be
understood in depth, ignoring other phenomena. The results of this study showed
that the assessment of learning outcomes in the cognitive, psychomotor, and
affective domains was carried out by using quizzes to determine the
understanding of each indicator, which was done in writing and could also be
with oral questions in class. To find out the competency attainment of each Basic
Competency, this is done through daily tests. However, the implementation of the
cognitive assessment has not been fully implemented in Economics. In assessing
the affective and psychomotor domains through observational observations.
However, assessment of the affective and psychomotor domains has not fully
referred to Core Competencies - Basic Competencies.
The conclusions in this study are the learning outcomes of students in
class XI Graphic Design at SMK Negeri 11 Semarang in the cognitive,
psychomotor, and affective domains, namely the readiness of students in
preparing learning tools and materials such as writing books, printed books and
other equipment is still lacking. The ability of students to answer, ask or comment
on questions or problems given by the teacher still tends to be passive and there is
a lack of students' ability to explain the results of the discussion and ask questions
due to time constraints
Keywords: learning outcomes Entrepreneurship Subject
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 06:41 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 06:41 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7183 |