Asmiatun, Siti (2020) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA FUN LEARNING MATH DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS VII. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Siti Asmiatun.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui
efektivitas penggunaan media Fun Learning Math ditinjau dari kemampuan
berpikir kritis matematis siswa kelas VII. Teknik pemilihan sampel dengan
menggunakan teknik quasy experimen random sampling yang dilaksanakan di
SMPN 29 Semarang Kota Semarang. Populasi penelitian adalah seluruh siswa
kelas VII. Melalui cluster random sampling terpilih sampel yaitu kelas VII A
sebagai kelas eksperimen, kelas VII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan
data dengan menggunakan metode observasi dan tes. Hasil penelitian
menunjukkan : (1) ada perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis pada kelas
yang menggunakan media fun learning math dan kelas yang tidak menggunakan
media fun learning math diperoleh Fhitung = 7,6789 > Ftabel = 3,09 (2) ada
pengaruh keaktifan terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas
eksperimen diperoleh Fhitung = 97,944 > Ftabel = 4,2 untuk thitung = 9,896 ≥
ttabel = 2,042 dan mempunyai pengaruh keaktifan sebesar 76 % (3) kemampuan
berpikir kritis siswa kelas eksperimen mencapai KKM. Kesimpulan media fun
learning math efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis
siswa, terdapat perbedaan prestasi belajar peserta didik kelas kontrol dengan
kelas eksperimen pada materi bilangan pecahan.
Kata Kunci: Fun Learning Math, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 06:35 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 06:35 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7181 |