INDRIANI, ELISA (2020) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PERMAINAN SIMULASI TERHADAP KONTROL DIRI SISWA KELAS XI SMK NUSA BHAKTI SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
ELISA INDRIANI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
Abstract
Elisa
Indriani.
NPM
15110077:
“Pengaruh
Layanan
Bimbingan Kelompok dengan Teknik Permainan Simulasi Terhadap
Kontrol Diri Siswa Kelas XI SMK Nusa Bhakti” Skripsi. Program Studi
Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI
Semarang. 2019.
Penelitian ini di latar belakangi masalah yang ada di SMK Nusa
Bhakti sebagai berikut: (1) siswa tidak patuh pada guru, (2) siswa suka
membantah dan membuat kegaduhan dikelas, (3) siswa suka berkelahi, (4)
siswa tidak suka ketenangan dan sering membuat keributan ketika kegiatan
belajar mengajar, (5) siswa tidak dapat mengontrol emosinya, (6) mudah
terpengaruh hal-hal negatif, (7) siswa sering berselisih paham dengan
temannya. Adapun tujuannya adalah untuk mengetahui pengaruh layanan
bimbingan kelompok dengan teknik permainan simulasi terhadap kontrol
diri siswa SMK Nusa Bhakti.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen jenis True
Eksperimen
Pretest-postest
control
group
design.Populasi
dalam
penelitian ini adalah siswa kelas XI TKJ SMK Nusa Bhakti Semarang
dengan jumlah siswa 28 siswa dan XI Pemasaran adalah kelas yang
dipergunakan untuk tryout sebanyak 32 siswa. Sampel dalam penelitian ini
adalah kelas XI TKJ, 14 siswa untuk kelompok ekperimen dan 14 siswa
untuk kelompok kontrol yang diambil menggunakan teknik sampling
jenuh. Alat pengumpul data yang dipergunakan adalah skala kontrol diri.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata kelompok
eksperimen sebesar 95,6 dan kelompok kontrol sebesar 87,1, sehingga
terjadi peningkatan. Pada perhitungan uji-t diperoleh hasil t-hitung (3,77)
>ttabel (2,055), maka hipotesis kerja (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho)
ditolak. Hasil penelitian ini di simpulkan bahwa ada pengaruh layanan
bimbingan kelompok dengan teknik permainan simulasi terhadap kontrol
diri siswa kelas XI SMK Nusa Bhakti Semarang.
Saran bagi guru pembimbing hendaknya dapat meningkatkan dan
memanfaatkan kegiatan dengan berbagai layanan dan metode yang ada
dalam bimbingan dan konseling untuk membantu siswa menuntaskan
tugas perkembangannya secara optimal. bagi siswa dapat meningkatkan
kontrol diri.
Kata kunci : bimbingan kelompok, permainan simulasi, kontrol diri
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 06:36 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 06:36 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7180 |