KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEBAK KATA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI KEDUNGPUCANG PURWOREJO

AISYIYAH, SITI (2020) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEBAK KATA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI KEDUNGPUCANG PURWOREJO. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SITI AISIYAH.pdf] Text
SITI AISIYAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

SITI AISYIYAH. NPM 15120352. “Kefeektifan Model Pembelajaran Kooperatif
Tipe Tebak Kata Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SD Negeri Kedungpucang
Purworejo”. Skripsi. Program Studi Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu
Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. A.Y Soegeng
Ysh,. M. Pd. dan Pembimbing II Filia Prima Artharina., S. Pd., M. Pd. Maret
2020.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil
belajar pelajaran IPA siswa kelas IV SD Negeri Kedungpucang Purworejo. Hal
tersebut disebabkan karena model pembalajaran yang digunakan belum efektif,
sehingga konsenstrasi siswa menjadi kurang. Sehingga mengakibatkan keaktifan
siswa dan perhatian siswa kurang.
Masalah penelitian ini adalah apakah model pembelajaran kooperatif tipe
tebak kata dapat menaikkan hasil belajar siswa?. Hipotesis penelitian ini adalah
model pembelajaran kooperatif tipe tebak kata efektif terhadap hasil belajar IPA
siswa kelas IV SD Negeri Kedungpucang Purworejo. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe tebak kata
terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Kedungpucang Purworejo.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain posttest.
Populasi penelitian ini adalah siswa. Kelas IV A dan IV B yang masing masing
berjumlah 20 siswa dengan menggunakan teknik sampling. Data dalam penelitian
ini diperoleh dari observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.
Hasil analisis data penelitian diperoleh nilai awal rata-rata kelas kontrol
62,5 dan kelas eksperimmen 63,75. Kemudian kelas eksperimen diberikan
perlakuan. Diperoleh siswa setelah adanya perlakuan kelas IV A mendapatkan
nilai rata-rata 78,4 sedangkan siswa kelas IV B rata rata 66,8. Dibuktikan dalam
perhitungan uji t diperoleh thitung 3,2062, dengan dk = (n1 + n2 – 2) = 20 + 20 – 2
= 38 dan taraf signifikan 5% dengan harga t(1/2α;38) diperoleh ttabel = 2,0244.
Karena thitung ≥ ttabel yaitu 3,2062≥2,02809 maka H0 ditolak. Lebih disarankan
dengan penggunaan model pembelajaran yang kooperatif tebak kata.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Nov 2024 06:31
Last Modified: 05 Nov 2024 06:31
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7176

Actions (login required)

View Item
View Item