ARININGSIH, EKOWATI (2020) ANALISIS PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) MELALUI PENGELOLAAN SAMPAH SEBAGAI PENANAMAN KEMANDIRIAN DI POS PAUD TUNAS BANGSA III. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
EKOWATI ARININGSIH.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
EKOWATI ARININGSIH. NPM 16150061. “Analisis Perilaku Hidup Bersih
dan Sehat (PHBS) Melalui Pengeloaan Sampah Sebagai Penanaman Kemandirian
Anak Usia Tiga Sampai Empat Tahun Di Paud Tunas Bangsa III”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2020.
Pelaksanaan perilaku hidup bersih dan sehat perlu ditanamkan sejak dini,
PAUD merupakan wadah yang tepat dalam penanaman PHBS. Penanaman sikap
mandiri pada anak melalui pengelolaan sampah diharapkan mampu menjadi sikap
untuk selalu menjaga kebersihan dan tidak tergantung orang lain.
Fokus dalam penelitian adalah bagaimana pelaksanaan perilaku hidup bersih
dan sehat (PHBS) melalui pengeloaan sampah sebagai penanaman kemandirian
anak usia tiga sampai empat tahun di Paud Tunas Bangsa III?.
Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini
berjumlah 16 anak. Penelitian ini dilakukan pada anak usia 4-5 tahun siswa-siswi
PAUD Tunas Bangsa III Pengumpulan data melaui wawancara, observasi dan
dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pos Paud Tunas Bangsa III
merupakan lembaga pendidikan anak usia dini yang telah melaksanakan perilaku
hidup sehat yaitu: pembiasaan cuci tangan, membuang sampah pada tempatnya,
makan bersama, memeriksa jentik nyamuk, berolahraga, 2) Pengelolaan sampah
di PAUD Tunas Bangsa III adalah dengan kegiatan membuang sampah pada
tempatnya, memilah sampah dan menabung sampah. Program menabung sampah
sudah dirasakan manfaatnya oleh warga sekolah dan orang tua siswa, 3)
penanaman kemandirian dalam pelaksanaan PHBS dan pengelolaan sampah
dengan metode praktek secara langsung. Adapun metodenya adalah bercerita,
pembiasaan yang disertai keteladanan dari pendidik dan pengawasan, metode
demonstrasi atau prakek secara langsung, metode pemberian motivasi dan
penghargaan, karyawisata, metode bernyayi, 4) Penanaman kemandirian dalam
pelaksnaan PHBS dan pengelolaan sampah dengan metode praktek secara
langsung. adapun metodenya adalah bercerita, pembiasaan yang disertai
keteladanan dari pendidik dan pengawasan, metode demonstrasi atau prakek
secara langsung, metode pemberian motivasi dan penghargaan, karyawisata,
metode bernyayi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 06:28 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 06:28 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7171 |