ANALISIS PELAYANAN AKADEMIK SMK LPI SEMARANG

Wijanarko, Agus (2020) ANALISIS PELAYANAN AKADEMIK SMK LPI SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Agus Wijanarko 15220078.pdf] Text
Agus Wijanarko 15220078.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena belum diketahuinya kepuasan siswa dalam
pelayanan akademik yang diberikan pihak sekolah. Rumusan masalah pada
penilitian ini adalah pelayanan akademik di SMK LPI Semarang tentang kualitas
guru dalam persiapan pembelajaran, pelaksaan pembelajaran, evaluasi belajar, dan
bimbingan terhadap siswa guna menunjang kegiatan akademik di SMK LPI
Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan/menggambarkan
pelayanan akademik tentang kualitas guru dalam persiapan pembelajaran,
pelaksaan pembelajaran, evaluasi belajar, dan bimbingan terhadap siswa guna
menunjang kegiatan akademik di SMK LPI Semarang.
Penelitian ini merupakan penilitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif
atau lebih dikenal dengan istilah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data
penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis data menurut Miles dan
Huberman
yaitu
pengumpulan
data,
redukasi
data,
penyajian
data,
kesimpulan/verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kualitas guru dalam
mempersiapkan kegiatan belajar sudah baik menurut siswa tetapi aspek-aspek
yang seharusnya ada masih belum terpenuhi; (2) Kualitas guru dalam melakukan
kegiatan pembelajaran sudah termasuk baik menurut siswa tetapi masih ada
beberapa aspek yang perlu diterapkan; (3) Kualitas guru dalam mengevaluasi
pembelajaran sudah termasuk memenuhi aspek-aspek dalam evaluasi belajar; (4)
Kualitas guru dalam membimbing siswa juga sudah baik; (5) Sarana dan
prasarana yang disediakan masih belum terpenuhi.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah pelayanan akademik yang diberikan
oleh SMK LPI Semarang sudah termasuk baik mengingat sekolah ini baru berdiri
pada tahun 2015, tetapi masih ada beberapa hal yang harus dipenuhi.
Kata Kunci: Pelayanan, Layanan Akademik, Kualitas Guru, Sarana dan
Prasarana.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Nov 2024 06:24
Last Modified: 05 Nov 2024 06:24
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7166

Actions (login required)

View Item
View Item