PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI, LINGKUNGAN SEKOLAH, DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP MINAT SISWA MEMILIH SMP SATU ATAP NEGERI 1 KLETEK KECAMATAN PUCAKWANGI KABUPATEN PATI

ASMORO, EKO YULI HANDRIYO WIDI (2020) PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI, LINGKUNGAN SEKOLAH, DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP MINAT SISWA MEMILIH SMP SATU ATAP NEGERI 1 KLETEK KECAMATAN PUCAKWANGI KABUPATEN PATI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of EKO YULI HANDRIYO WIDI ASMORO.pdf] Text
EKO YULI HANDRIYO WIDI ASMORO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Eko Yuli Handriyo Widi Asmoro “Pengaruh Status Sosial Ekonomi,
Lingkungan Sekolah, dan Motivasi Belajar Terhadap Minat Siswa Memilih SMP
Satu Atap Negeri 1 Kletek Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati”. Penelitian
ini dilatar belakangi oleh kondisi jumlah penerimaan siswa SMP Satu Atap Negeri
1 Kletek yang cenderung terus menurun dari tahun ke tahun dan tidak semua desa
memiliki SMP Satu Atap, sehingga untuk meningkatkan minat siswa pihak
sekolah harus memiliki strategi yang tepat dan mampu melihat faktor apa saja
yang mempengaruhi minat siswa memilih SMP Satu Atap Negeri 1 Kletek
sebagai sekolah lanjutan.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah status sosial ekonomi,
lingkungan sekolah, dan motivasi belajar berpengaruh terhadap minat siswa
memilih SMP Satu Atap Negeri 1 Kletek Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati.
Obyek penelitian ini yaitu siswa SMP Satu Atap Negeri 1 Kletek. Instrumen
pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini
sebanyak 50 siswa dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 responden.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif menggunakan analisis data regresi
linier berganda. Uji coba validitas menggunakan program SPSS (Statistical
Program for Social Science). Suatu kuisioner dikatakan valid jika nilai r hitung >
r tabel dan nilai sig 2 tailed < 0,05. Peneliti menggunakan uji validitas satu sisi
dengan taraf signifikansi sebesar 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel
status sosial ekonomi, lingkungan sekolah, dan motivasi belajar berpengaruh
signifikan terhadap minat siswa. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji t
memperoleh nilai signifikan < 0,05 . Maka hal ini menunjukan bahwa semua
hipotesis diterima.
Kata Kunci : Status Sosial Ekonomi, Lingkungan Sekolah, Motivasi Belajar,
Dan Minat Siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Nov 2024 06:23
Last Modified: 05 Nov 2024 06:23
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7163

Actions (login required)

View Item
View Item