PRASETYO, SINGGIH AJI (2019) KEEFEKTIFAN MODEL (STAD) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA N 1 JUWANA PATI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
SINGGIH AJI PRASETYO.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Singgih Aji Prasetyo, NPM 15410247. Keefektifan Model Student Team
Achievement Division Dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Pada Siswa
Kelas X SMA N 1 Juwana Pati Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi.Fakultas
Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas PGRI Semarang.Pembimbing I Dra.
Ngatmini, M.Pd., dan pembimbing II Setia Naka Andrian, S.Pd., M.Pd. Desember
2019.
Rumusan masalah penelitian ini apakah terdapat keefektifan modelStudent Team
Achievement Division (STAD) dalam pembelajaran menulis teks eksposisi pada
peserta didik kelas X SMA N 1 Juwana Pati tahun ajaran 2019/2020? Adapun tujuan
penelitian untuk mengetahui keefektifan modelStudent Team Achievement Division
(STAD) dalam pembelajaran menulis teks eksposisi pada peserta didik kelas X SMA
N 1 Juwana Pati tahun ajaran 2019/2020.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan teknik kuantitatif.Populasi
yang digunakan yaitu siswa kelas X SMA N 1 Juwana Pati, sedangkan sampel dalam
penelitian ini adalah kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol dan kelas X MIPA 4
sebagai kelas eksperimen.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah
teknik tes dan nontes.Tes yang digunakan adalah tes menulis teks eksposisi.nontes
yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, wawancara, dan angket. Uji
keefektifan dalam penelitian ini berupa teknik analisis data yang meliputi uji
normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis.
Hasil perhitungan uji hipotesis menunjukkan bahwa dari perhitungan uji t harga
thitung adalah 7,7909 yang ternyata lebih besar dari harga ttabeltaraf signifikan 5%
dengan dk n1+n2-2 (36+36-2=70) yaitu sebesar 1,6683. Sehingga dapat diketahui
bahwa harga thitung> ttabel yaitu 7,7909> 1,6683. Hal ini berarti hipotesis alternatif Ha
yang berbunyi “terdapat keefektifan model student team achievement division dalam
pembelajaran menulis teks eksposisi pada peserta didik kelas X SMA N 1 Juwana
Pati tahun ajaran 2019/2020” diterima dan data yang diperoleh sangat signifikan.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model student team
achievement division sangat efektif dalam pembelajaran menulis teks eksposisi pada
peserta didik kelas X SMA N 1 Juwana Pati tahun ajaran 2019/20120.
Saran dari penelitian ini meliputi guru bahasa Indonesia dan Peneliti Pendidikan
Bahasa dan Sastra Indonesia. Guru diharapkan memberikan variasi-variasi
pembelajaran berupa penggunaan model pembelajaran yang kreatif, inovatif, dan
menyenangkan, sehingga peserta didik dan calon peneliti hendaknya termotivasi
untuk melengkapi penelitian ini menggunakan model pembelajaran yang lain untuk
meningkatkan dan menambah kreativitas peserta didik dalam menulis teks eksposisi.
Kata kunci: keefektifan Model Student Team Achievement Division, pembelajaran
menulis teks eksposisi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 06:21 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 06:21 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7160 |