HARDIANSYAH, AGUNG (2020) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE BERBANTU MEDIA GAMBAR BERSERI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI KELAS IV SD NEGERI KADILANGU 1 DEMAK. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Agung Hardiyansah.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
AGUNG HARDIANSYAH. NPM 16120297. “Keefektifan model pembelajaran
picture and picture berbantu media gambar berseri terhadap keterampilan menulis
puisi kelas IV SD Negeri Kadilangu 1 Demak”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI
Semarang. Pembimbing I Ikha Listyarini, S.Pd., M..Hum. Pembimbing II
Muhammad Arief Budiman, S.S., M.Hum.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman siswa dalam
menulis puisi dalam mata pelajaran bahasa indonesia sehingga menyebabkan hasil
belajar siswa menjadi menurun. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini
adalah Apakah model picture and picture berbantu media gambar berseri efektif
terhadap keterampilan menulis puisi pada siswa kelas IV di SD Negeri Kadilangu
1 Kabupaten Demak? .
Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode
eksperimen dan desain penelitian True experimental Design. Bentuk desain
penelitian yang digunakan pretest-Posttest Control Group Design. Populasi
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Kadilangu 1 Demak
dengan jumlah 25 siswa. Jumlah sampel sebanyak 25 siswa dengan menggunakan
nonprobability sampling jenis sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh
melalui tekhnik tes.
Berdasarkan hasil penelitiann yang telah dilakukan dapat disimpulkan
bahwa model pembelajaran picture and picture berbantu media gambar berseri
terbukti efektif terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas IV SD Negeri
Kadilangu 1 Demak. Hal ini didukung oleh data-dat berikut : (1) Berdasarkan
analisis data menggunakan uji- t diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,728572 > 2,068
maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya rata-rata hasil belajar sebelum dan
sesudah dilakukan perlakuan tidak sama dengan menggunakan model
pembelajaran picture and picture. (2) Terjadi peningkatan keterampilan menulis
puisi siswa kelas IV sebelum diberi perlakuan (posttest) dan sesudah diberi
perlakuan (posttest) yaitu rata-rata nilai pretest dari 63 menjadi 74 pada hasil rata-
rata nilai posttest siswa, artinya hasil belajar siswa mengalami peningkatan
sebesar 88% (3) hasil belajar siswa mencapai kriteria ketintasan belajar siswa
melaluo nilai posttest sebanyak 22 siswa 88% telah mencapai ketuntasan hasil
belajar individu sebagai hasil dari penggunaan model pembelajaran picture adn
picture.
Berdasarkan hasil penelian yang diperoleh, maka peneliti memberikan
saran supaya model pembelajaran picture and picture mampu digunakan oleh
guru sebagai suatu cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu, model
pembelajaran merupakan suatu inovasi pembelajaran yang dapat dipergunakan
untuk upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Kata Kunci : Keterampilan Menulis puisi, Model pembelajaran picture and
picture, Media gambar berseri.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 06:16 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 06:16 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7156 |