PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERCAPAIAN SELF EFFICACY SISWA MELALUI PROBLEM SOLVING BERBASIS SUSTAINABILITY PADA MATERI OBJEK PERMASALAHAN BIOLOGI

Agustinna, Silma Diah (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERCAPAIAN SELF EFFICACY SISWA MELALUI PROBLEM SOLVING BERBASIS SUSTAINABILITY PADA MATERI OBJEK PERMASALAHAN BIOLOGI. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Silma Diah Agustinna.pdf] Text
Silma Diah Agustinna.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Aktifitas siswa dalam proses pembelajaran kelas, menjadi perhatian penting
dalam kegiatan belajar mengajar. Pembelajaran kelas harus mampu mengarahkan
siswa pada kegiatan positif saat menerima informasi dari guru agar memperoleh
pemahaman pembelajaran secara optimal, termasuk kegiatan menganalisis suatu
permasalahan dan menyusun penyelesaian masalah. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui adanya peningkatan hasil belajar kognitif dan ketercapaian self
efficacy siswa melalui model problem solving berbasis sustainability. Dengan
desain Quasi experiment, penelitian ini diterapkan pada materi objek
permasalahan biologi kelas X IPA SMA N 1 Bangsri. Penelitian ini melibatkan
dua kelas, kelas X IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 5 sebagai kelas
kontrol. Pemberian perlakuan pada penelitian ini, diperoleh hasil bahwa
kemampuan kognitif dan self efficacy siswa kelas eksperimen berbeda dari kelas
kontrol. Berdasarkan uji anacova, hasil post-test kognitif siswa terdapat perbedaan
yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan dengan rata-
rata post-test kelas eksperimen lebih besar kelas kontrol. Hasil uji N-Gain pada
kelas eksperimen diperoleh nilai N-gain 65,59%, menunjukkan terdapat
peningkatan hasil belajar kognitif yang cukup efektif. Melalui uji independent
sample t-test, hasil self efficacy siswa kelas eksperimen memiliki perbedaan yang
signifikan pula dari kelas kontrol, dengan perolehan rata-rata persentase kelas
eksperimen 84,03%, menunjukkan kelas eksperimen memiliki self efficacy dengan
kategori tinggi. Berdasarkan analisis hasil uji, maka penerapan model belajar
problem solving berbasis sustainability berpengaruh terhadap peningkatan hasil
belajar kognitif dan ketercapaian self efficacy siswa.
Kata kunci : Problem solving, Sustainability, Hasil belajar kognitif, Self efficacy.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Nov 2024 06:13
Last Modified: 05 Nov 2024 06:13
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7154

Actions (login required)

View Item
View Item