ANGGREANI, LUSI MIA (2020) PENERAPAN MODEL THINK TALK WRITE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS SURAT DINAS PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SEMESTER GENAP SMP MUHAMMADIYAH 4 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
LUSI MIA ANGGREANI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Lusi Mia Anggreani. Npm 15410008. Penerapan Model Think Talk Write
dalam Pembelajaran Menulis Surat Dinas pada Peserta Didik Kelas VII Semester
Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni
Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Agus Wismanto, S.Pd., M.Pd dan
pembimbing II Pipit Mugi Handayani S.S., M.A. September 2019.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan yang dialami oleh peserta
didik dalam menuliskan ataupun membuat surat dinas, dengan demikian
diperlukan model pembelajaran yang tepat untuk mendukung proses pembelajaran
agar menjadi lebih aktif sehingga peserta didik mendapatkan hasil maksimal
sesuai tujuan pendidik.
Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana penerapan model thik
talk wrtite dalam pembelajaran menulis surat dinas pada peserta didik kelas VII
semester genap SMP Muhammadiyah 4 Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019?
Adapaun tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model thik talk
wrtite dalam pembelajaran menulis surat dinas pada peserta didik kelas VII
semester genap SMP Muhammadiyah 4 Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019.
Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah
metode kualitatif. Penilitian dilakukan kepada 30 peserta didik kelas VII C SMP
Muhammadiyah 4 Semarang. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan
nontes. Teknis tes berupa tes menulis surat dinas, sedangkan teknik nontes berupa
observasi, angket oeserta didik serta dokumentasi. Teknik penyajian hasil analisis
data dilakukan secara kualitatif yakni menganalisis dan mendeskripsikan
penerapan model think talk write dalam pembelajaran menulis surat dinas pada
peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Semarang tahun pelajaran
2018/2019.
Berdasarkan hasil penelitian menulis surat dinas dengan menerapkan
model think talk write pada peserta didik kelas VII C SMP Muhammadiyah 4
Semarang dapat dijelaskan bahwa nilai peserta didik dalam pembelajaran menulis
surat dinas kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Semarang tahun pelajaran
2018/2019 telah melampaui nilai kriteria ketuntasan minimal. Hal tersebut dapat
dibuktikan dengan hasil peritungan jumlah nilai peserta didik dengan jumlah
perhitungan nilai 2581 dengan nilai rata-rata 86. Dari hasil tersebut dapat
dikatakan bahwa peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Semarang yang
berjumlah 30 peserta didik telah menuliskan surat dinas dengan kriteria penilaian
baik.
Kata Kunci: Menulis Surat Dinas, Model Think Talk Write
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 06:15 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 06:15 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7152 |