PRASETYO, SIGIT (2019) ANALISIS KESALAHAN EJAAN TEKS BIOGRAFI PESERTA DIDIK KELAS X SMK NEGERI 6 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
SIGIT PRASETYO.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Sigit Prasetyo 15410128. “Analisis Kesalahan Ejaam Teks Biografi Peserta
Didik Kelas X SMK Negeri 6 Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019” Skripsi
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Pendidikan
Bahasa dan Seni Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Nanik Setyawati,
S.S., M.Hum. dan Pembimbing II Azzah Nayla, S.Pd., M.Pd.
Kata kunci: analisis, kesalahan ejaan, teks biografi.
Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya pemahaman ketidaktepatan
peserta didik kelas X SMK Negeri 6 Semarang terhadap penggunaaan ejaan
bahasa Indonesia sehingga merujuk pada kesalahan berbahasa.
Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk
kesalahan ejaan pada teks biografi peserta didik kelas X SMK Negeri 6 Semarang
tahun pelajaran 2018/2019? Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk
mendeskripsiskan bentuk kesalahan ejaan pada teks biografi peserta didik kelas X
SMK Negeri 6 Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Sumber data dalam
penelitian ini adalah teks biografi peserta didik kelas X SMK Negeri 6 Semarang,
dan data dalam penelitian ini adalah teks biografi peserta didik kelas X SMK
Negeri 6 Semrang yang terdapat kesalahan ejaan. Penelitian ini dilakukan dengan
menggunakan pendekatan kualitatif. Prosedur penelitian yang digunakan adalah
dengan cara mengklasifikasikan jenis kesalahan ejaan yang terdapat dalam teks
biografi peserta didik kelas X SMK Negeri 6 Semarang tahun pelajaran
2018/2019.
Penyediaan data dalam penelitian ini menggunakan teknik simak bebas libat
catat. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode agih, yang alat
penentunya merupakan bagian dari bahasa itu sendiri. Teknik dasar dalam metode
agih adalah teknik bagi unsur langsung. Teknik lanjutan yang digunakan dalam
analisis data ini adalah teknik lesap, teknik ganti, dan teknik sisip. Teknik lesap
digunakan untuk melesapkan (melepaskan, menghilangkan, menghapuskan,
mengurangi) unsur tertentu satuan lingual yang bersangkutan. Teknik ganti
digunakan
untuk
menggantikan
unsur
tertentu
satuan
lingual
yang
bersangkutan.teknik ganti digunakan untuk menggantikan unsur tertentu yang lain
diluar satuan lingual yang bersangkutan. Teknik sisip berupa teknik analisis yang
berupa penyisipan unsur satuan lingua Penyediaan hasil analisis data dalam
penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode informal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan ejaan teks biografi peserta
didik kelas X SMK Negeri 6 Semarang tahun pelajaran 2018/2019 terbagi dalam
beberapa klsifikasi. Adapun klasifikasi kesalahan tersebut meliputi: kesalahan
penggunaan huruf kapital, kesalahan penggunaan huruf miring, kesalahan
penulisan kata, dan kesalahan penggunaan tanda baca.
Saran yang dapat penulis sampaikan adalah guru hendaknya mengenalkan
sekaligus mengajarkan jenis-jenis kesalahan ejaan. Peserta didik lebih teliti dan
mencermati kaidah-kaidah dalam Ejaan Bahasa Indonesia (EBI).
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 04:59 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 04:59 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7151 |