Nugroho, Eko Wahyu (2020) PENGARUH MODIFIKASI MEDIA HALANG RINTANG TERHADAP HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK SISWA KELAS VII SMP ISLAMROUDLOTUL HUFFADH PURWODADI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
EKO WAHYU NUGROHO.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan merupakan salah satu cara
untuk mengarahkan siswa dalam aktivitas jasmani termasuk keterampilan
olahraga, salah satunya adalah pembelajaran atletik khususnya lompat jauh.
Karena itu pendidik atau tenaga pendidikan diharapkan dapat menciptakan
suasana pembelajaran yang diharapkan. Di SMP Islam Roudlotul Huffadh
Purwodadi dalam penyampaian pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan
kesehatan materi yang diberikan kepada siswa disampaikan secara monoton, tidak
adanya variasi dalam melaksanakan pembelajaran dan memberikan materi
pembelajaran secara langsung, akibatnya tujuan dan hasil belajar kurang
maksimal. Modifikasi memberikan peranan yang penting. Modifikasi Halang
Rintang merupakan salah satu cara yang dibuat agar siswa tertarik dengan materi
lompat jauh dan diharapkan hasil belajar dapat meningkat. Penelitian pada siswa
kelas VII SMP Islam Roudlotul Huffadh Purwodadi yang diberikan permainan
lompat dengan perlakuan 4 kali, yang bertujuan untuk membuktikan pengaruh
permainan lompat terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok. Pada minggu
pertama siswa diberikan pre test lompat jauh gaya jongkok, pada pertemuan
kedua dan ketiga diberikan treatment berupa permainan lompat dan pertemuan
keempat diberikan post test lompat jauh gaya jongkok. Penelitian ini merupakan
penelitian eksperimen semua dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan
merupakan penelitian populasi yang berjumlah 27 siswa.
Hasil peenelitian menunjukan sebagai berikut : 1) Berdasarkan hasil pada
tabel Test of Homogenity of Variances diketahui nilai Sig. adalah 0,341 > 0,05
maka H0 diterima. Pada tabel Independent Samples Test diperoleh nilai Sig. (2-
tailed) sebesar 0,000 karena nilai Sig < 5% maka tolak H0 artinya terdapat
perbedaan rata-rata hasil belajar mata pelajaran penjas SMP Islam Roudlotul
Huffadh menggunakan pembelajaran Pretest dan Posttest. Dari tabel Paired
Samples Statistic pada kolom mean didapatkan rata-rata pada Pretest sebesar
64,76, dan rata-rata pada Posttest sebesar 70,04. Karena nilai rata-rata Post lebih
besar dari Posttes sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan
media halang rintang lebih berpengaruh hasil belajar sisiwa.
.
Kata Kunci: Modifikasi Halang Rintang, Lompat Jauh Gaya Jongkok
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 04:57 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 04:57 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7148 |