Hakim, Lukman (2020) ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN PENJAS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI SMA NEGERI SE- KABUPATEN DEMAK. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
LUKMAN HAKIM NPM.14230084.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
LUKMAN HAKIM. NPM 14230084.“Analisis Model Pembelajaran Penjas dalam
Meningkatkan Hasil Belajar Di SMA Negeri se-Kabupaten Demak”.Skripsi.
Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Pendidikan
Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan.Universitas PGRI Semarang. 2019.
Latar belakang penelitian ini adalah menganalisis peran model
pembelajaran dalam kegiatan belajar penjas di SMA Negeri se-Kabupaten
Demak.Hal tersebut disebabkan karena beberapa guru tidak menggunakan model
pembelajaran penjas dalam melaksanakan belajar mengajar yang mengakibatkan
siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran.selain itu hasil belajar siswa
hanya dilihat dalam satu aspek saja.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar dampak
penggunaan model pembelajaran penjas dalam meningkatkan motivasi dan hasil
belajar siswa.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif.Populasi penelitian ini
adalah seluruh siswa negeri se-Kabupaten Demak.Sample yang diambil adalah
siswa dari SMA Negeri se-Kabupaten Demak.Data dari penelitian ini diperoleh
melalui hasil wawancara dan kegiatan observasi. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa penggunaan model pembelajaran berdampak pada hasil belajar siswa
secara keseluruhan dapat memenuhi criteria ketuntasan minimal(KKM). Dari 420
siswa 92 % sudah melebihi KKM. Berdasarkan hasil observasi penggunaan model
pembelajaran juga berdampak pada kegiatan pembelajaran penjas. Siswa lebih
aktif dan lebih bersemangat dalam proses belajar penjas. Hal itu juga didukung
oleh hasil wawancara yang menunjukan bahwa saat menggunakan model
pembelajaran penjas siswa lebih aktif dan bersemangat dalam belajar penjas.
Analisis model pembelajaran penjas dalam meningkatkan hasil belajar
siswa di SMA Negeri se-Kabupaten Demak yang dilakukan di Kabupaten Demak
dengan sampel 12 sekolah, dari hasil yang didapatkan dapat ditarik kesimpulan
bahwa setiap guru memiliki model pembelajaran yang berbeda-beda dari model
pembelajaran tersebut memiliki hasil belajar yang berbeda-beda. Hasil yang
paling baik dalam aspek pengetahuan adalah model pembelajaran inkuiry dengan
rata-rata 85,51, hasil yang paling baik dalam aspek ketrampilan adalah model
pembelajaran inkuiry dengan rata-rata 86,00, hasil yang paling baik dalam aspek
sikap adalah model pembelajaran Teams Games Tournament dengan rata-rata
84,84.
Kata Kunci : Model pembelajaran penjas
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 04:57 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 04:57 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7146 |