EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN DISCOVERY LEARNING BERBANTU CABRI 3D TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP KELAS VIII

Mawariyati, Sholikhatin Merri Fitri (2020) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN DISCOVERY LEARNING BERBANTU CABRI 3D TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP KELAS VIII. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Sholikhatin Merri F.M.pdf] Text
Sholikhatin Merri F.M.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang pentingnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran
matematika. Bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran
Problem Based Learning (PBL) dan model pembelajaran Discovery Learning
berbantu Cabri 3D terhadap hasil belajar siswa SMP kelas VIII. Populasi dari
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Tsamrotul Huda. Sampel
penelitian diambil dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling yaitu
kelas VIII A sebagai kelas eksperimen 1 yang diberi perlakuan model
pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantu Cabri 3D, kelas VIII B
sebagai kelas eksperimen 2 yang diberi perlakuan model pembelajaran Discovery
Learning berbantu Cabri 3D, dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol yang diberi
perlakuan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data dalam penelitian
ini berupa observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data menggunakan uji
normalitas, uji homogenitas, uji anava satu arah, uji pasca anava dengan metode
scheffe’, uji regresi linier sederhana, dan uji proporsi. Hasil penelitian
menunjukan bahwa: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang mendapat
model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantu Cabri 3D, model
pembelajaran Discovery Learning berbantu Cabri 3D, dan pembelajaran
konvensional. 2) Kemampuan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran
Problem Based Learning (PBL) dan model pembelajaran Discovery Learning
berbantu Cabri 3D lebih baik dari pembelajaran konvensional. 3) Tidak terdapat
perbedaan hasil belajar siswa yang mendapat model pembelajaran Problem Based
Learning (PBL) berbantu Cabri 3D, dengan model pembelajaran Discovery
Learning berbantua Cabri 3D. 4) Terdapat pengaruh keaktifan terhadap hasil
belajar siswa pada model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantu
Cabri 3D dan pada model pembelajaran Discovery Learning berbantu Cabri 3D.
5) Kemampuan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran
Problem Based Learning (PBL) berbantu Cabri 3D dan model pembelajaran
Discovery Learning berbantu Cabri 3D mencapai KKM.
Kata kunci: Problem Based Learning (PBL), Discovery Learning, Cabri 3D,
kemampuan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Nov 2024 04:56
Last Modified: 05 Nov 2024 04:56
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7145

Actions (login required)

View Item
View Item