UPAYA MENINGKATKAN MOTORIK HALUS MELALUI TEKNIK MOZAIK PADA ANAK KELOMPOK B DI RA NURUL ULUM DESA SOKOKIDUL KECAMATAN KEBONAGUNG KABUPATEN DEMAK SEMESTER 1 TAHUN AJARAN 2019/2020

NAFISAH, AFWIN (2020) UPAYA MENINGKATKAN MOTORIK HALUS MELALUI TEKNIK MOZAIK PADA ANAK KELOMPOK B DI RA NURUL ULUM DESA SOKOKIDUL KECAMATAN KEBONAGUNG KABUPATEN DEMAK SEMESTER 1 TAHUN AJARAN 2019/2020. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of AFWIN NAFISAH.pdf] Text
AFWIN NAFISAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Afwin Nafisah (NPM 18156093). “Upaya Meningkatkan Motorik Halus
Melalui Teknik Mozaik Pada Anak Kelompok B Di RA NURUL ULUM Desa
Sokokidul Kecamatan Kebonagung Kabupaten Demak Semester 1 Tahun
Ajaran 2019/2020.” Skripsi. PG.PAUD. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas
PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Muniroh Munawar, S.Pi, M.Pd., Dosen
Pembimbing II Dwi Prasetyawati D.H, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya hasil kemampuan motorik halus anak yang
masih rendah, media yang digunakan untuk perkembangan motorik halus kurang
menarik sehingga anak merasa tidak bersemangat.
Tujuan dari penelitian ini adalah Mengetahui kefektifan media mozaik dalam
meningkatkan kemampuan motorik halus anak pada anak Kelompok B di RA
Nurul Ulum Desa Sokokidul Kecamatan Kebonagung Kabupaten Demak.
Jenis pendekatan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK). Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik Kelompok B di RA
Nurul Ulum Desa Sokokidul Kecamatan Kebonagung Kabupaten Demak tahun
ajaran 2019/2020. dengan jumlah siswa 24 anak. Penelitian dilakukan melalui
dua siklus yang setiap masing-masing siklus mempunyai empat tahapan yaitu
perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada tahap penelitian tiap
siklus, peneliti menggunakan media mozaik yang diterapkan dalam kegiatan
pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak Kelompok B
di RA Nurul Ulum Desa Sokokidul Kecamatan Kebonagung Kbaupaten Demak.
Teknik dan Instrumen pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan
observasi.
Hasil penelitian menunjukkan Peningkatan kinerja guru dari Siklus I dan II
mengalami peningkatan dari skor 2,7 menjadi 3,1. Aktivitas siswa meningkat
dengan nilai rata-rata pra siklus 2,3, siklus I nilai 2,6, dan siklus II nilai 3,1.
Sedangkan prestasi individu mengalami peningkatan. indikator pertama; kondisi
pra siklus 61,45 meningkat di siklus I skornya 72, dan siklus II nilai 75. Indikator
kedua, skor dari Pra siklus 56,25, siklus I nilai 70, dan siklus II dengan nilai 71,9.
Indikator ketiga, nilai di pra siklus 61,4 siklus I sebesar 71 kemudian 80,2 di
siklus II. Prestasi klasikal juga mengalami kenaikan dari kondisi pra siklus yang
hanya 60 meningkat di siklus I sebesar 71, dan siklus II sebesar 75,7. Sedangkan
di persentase ketuntasan belajar nilai rata-rata persentase ketuntasan sebesar 46,2
% dan pada siklus I terjadi peningkatan persentase ketuntasan sebesar 65,3 % atau
terjadi kenaikan sebesar 19%. Pembelajaran siklus II, kemampuan motorik halus
anak melalui media mozaik terjadi juga peningkatan yang cukup signifikan yaitu
sebesar 8,3% atau meningkat mencapai 73,6 %. Peningkatan dari kondisi pra
siklus sampai dengan siklus II menunjukkan bahwa melalui media mozaik mampu
meningkatkan kemampuan motorik halus anak.
Kata kunci: Motorik Halus, Media Mozaik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Nov 2024 04:52
Last Modified: 05 Nov 2024 04:52
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7140

Actions (login required)

View Item
View Item