ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VII MTs NU 06 SUNAN ABINAWA PEGANDON KENDAL TAHUN PELAJARAN 2018/2019

SEPTIYANINGRUM, EKA PUTRI (2020) ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VII MTs NU 06 SUNAN ABINAWA PEGANDON KENDAL TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of EKA PUTRI SEPTIYANINGRUM.pdf] Text
EKA PUTRI SEPTIYANINGRUM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Eka Putri Septiyaningrum. 15410200. Alih Kode dan Campur Kode dalam
Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VII MTs NU 06 Sunan Abinawa
Pegandon Kendal Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Fakultas Pendidikan
Bahasa dan Seni. Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Eva Ardiana
Indrariani, S.S., M.Hum. dan Pembimbing II Rawinda Fitrotul Mualafina, S.S.,
M.A. Agustus 2019.
Kata kunci: alih kode, campur kode, pembelajaran bahasa Indonesia
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya penggunaan alih kode dan
campur kode dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Padahal semestinya dalam
pembelajaran di kelas yang merupakan situasi formal digunakan bahasa
Indonesia. Namun, tidak dapat dipungkiri jika adanya peralihan dan percampuran
kode tetap dilakukan bahkan membuat siswa lebih memahami pembelajaran.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) bagaimanakah wujud alih
kode dan campur kode dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VII MTs NU
06 Sunan Abinawa Pegandon Kendal tahun pelajaran 2018/2019? dan 2) apakah
faktor yang mempengaruhi terjadinya alih kode dan campur kode dalam
pembelajaran bahasa Indonesia kelas VII MTs NU 06 Sunan Abinawa Pegandon
Kendal tahun pelajaran 2018/2019?. Adapun tujuan dalam penelitian ini, yaitu 1)
mendeskripsikan wujud campur kode dan alih kode dalam pembelajaran bahasa
Indonesia kelas VII MTs NU 06 Sunan Abinawa Pegandon Kendal tahun
pelajaran 2018/2019 dan 2) mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi
terjadinya campur kode dan alih kode dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas
VII MTs NU 06 Sunan Abinawa Pegandon Kendal tahun pelajaran 2018/2019.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penyediaan data
dalam penelitian ini menggunakan metode simak dan metode cakap. Metode
simak menggunakan teknik dasar dan lanjutan, yaitu teknik sadap dan teknik
simak bebas libat cakap (SLBC). Dalam menunjang proses penelitian, teknik
simak bebas libat cakap diikuti dengan teknik rekam dan dilanjutkan dengan
teknik catat. Metode cakap digunakan untuk mendapatkan data selengkap-
lengkapnya dan mengetahui faktor yang melatarbelakangi penggunaan alih kode
dan campur kode. Adapun teknik yang digunakan dalam metode cakap berupa
teknik cakap semuka dan teknik catat, dilanjutkan dengan teknik rekam dan catat.
Metode dan teknik analisis data pada penelitian ini adalah metode padan dan
metode agih beserta teknik lanjutannya. Penyajian hasil analisis data penelitian ini
menggunakan metode penyajian informal.
Berdasarkan hasil analisis ditemukan wujud alih kode dalam pembelajaran
bahasa Indonesia di kelas VII MTs NU 06 Sunan Abinawa Pegandon Kendal
tahun pelajaran 2018/2019, yaitu: a) alih kode intern, yaitu alih kode dari bahasa
Indonesia ke bahasa Jawa dan alih kode antar ragam dalam bahasa Jawa; dan b)
alih kode ekstern, yaitu alih kode dari bahasa Indonesia ke bahasa Arab dan alih
kode dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris. Adapun wujud campur kode dalam
pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VII MTs NU 06 Sunan Abinawa
ix
Pegandon Kendal, yaitu: a) campur kode ke luar dari bahasa Indonesia ke bahasa
Inggris; b) campur kode ke dalam dari bahasa Indonesia ke bahasa Jawa; c)
campur kode tataran kata dasar dan kata ulang; dan d) campur kode tataran frasa.
Faktor yang melatarbelakngi terjadinya alih kode dalam pembelajaran
bahasa Indonesia di kelas VII MTs NU 06 Sunan Abinawa Pegandon Kendal
tahun pelajaran 2018/2019, yaitu: a) penutur; b) mitra tutur; c) hadirnya orang
ketiga; d) perubahan topik pembicaraan; e) penegasan maksud tuturan
sebelumnya; dan f) kemampuan bahasa yang dimiliki peserta tutur. Adapun faktor
yang melatarbelakangi terjadinya campur kode dalam pembelajaran bahasa
Indonesia di kelas VII MTs NU 06 Sunan Abinawa Pegandon Kendal, yaitu: a)
keterbatasan kode; b) penggunaan istilah populer; dan c) memunculkan wibawa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Nov 2024 04:52
Last Modified: 05 Nov 2024 04:52
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7139

Actions (login required)

View Item
View Item