PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PROBLEM SOLVING TERHADAP PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA KELAS XI SMK N 2 KENDAL

RETNOSARI, LUJENG (2020) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PROBLEM SOLVING TERHADAP PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA KELAS XI SMK N 2 KENDAL. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Lujeng retnosari.pdf] Text
Lujeng retnosari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Lujeng Retnosari. NPM 15110085 “Pengaruh Layanan Bimbingan
Kelompok dengan Teknik Problem Solving terhadap Perilaku Prokrastinasi
Akademik Pada Siswa Kelas XI SMK N 2 Kendal”. Skripsi Fakultas Ilmu
Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I: Dr. M. Th. S. R.
Retnaningdyastuti, M.Pd. Pembimbing 2 : MA. Primaningrum S.Psi., M.Psi.,
Psikolog. November 2019.
Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah perilaku
prokrastinasi akademik pada siswa kelas XI SMK N 2 Kendal yang tinggi. Tujuan
yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving terhadap perilaku
prokrastinasi akademik pada siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif melalui metode penelitian
True Experimental Design dengan model Pre-test Post-test Control Group
Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK N 2 Kendal
dengan jumlah 450 siswa. Kelas XI TKRO 2 adalah kelas yang dipergunakan
untuk tryout sebanyak 32 siswa. Sampel dalam penelitian yaitu 20 siswa kelas XI
TBSM 2 yang diambil dengan menggunakan teknik sampling cluster random
sampling. Alat pengumpul data yang dipergunakan adalah skala prokrastinasi
akademik.
Berdasarkan hasil analisis data uji hipotesis diperoleh thitung = 2,224.
Selanjutnya dikonsultasikan dengan ttabel dengan taraf signifikansi 5% (0,05) yaitu
2,101. Hal tersebut menunjukan bahwa thitung = 2,224 > ttabel = 2,101. Atas dasar
perhitungan tersebut maka hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi “ada pengaruh
layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving terhadap perilaku
prokrastinasi akademik siswa kelas XI SMK N 2 Kendal” diterima kebenarannya
pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian menunjukan bahwa ada pengaruh
layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving terhadap perilaku
prokrastinasi akademik siswa.
Saran bagi siswa, diharapkan dengan adanya layanan bimbingan kelompok
dengan teknik problem solving ini siswa yang merasa memiliki perilaku
prokrastinasi akademik tinggi disarankan untuk mengikuti layanan bimbingan
kelompok dengan teknik problem solving yang diharapkan membawa pengaruh
baik untuk mengatasi perilaku prokrastinasi akademik.
Kata Kunci : Prokrastinasi Akademik, bimbingan kelompok, teknik problem
solving

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Nov 2024 04:54
Last Modified: 05 Nov 2024 04:54
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7138

Actions (login required)

View Item
View Item