ANALISIS PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS IV SDN BANGETAYU WETAN 02 SEMARANG

JAYANTI, SHELA WAHYU (2020) ANALISIS PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS IV SDN BANGETAYU WETAN 02 SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SHELA WAHYU J.pdf] Text
SHELA WAHYU J.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

SHELA WAHYU JAYANTI NPM 15120163. “Analisis Pelaksanaan
Pendidikan Karakter Disiplin Belajar Siswa Kelas IV SDN Bangetayu Wetan
02 Semarang”.Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Fakultas Ilmu Pendidikan.Universitas PGRI Semarang 2020. Dosen
Pembimbing I Prof.Dr.A.Y.Soegeng Ysh., M.Pd. Dosen Pembimbing II Filia
Prima Artharina, S.Pd., M.Pd.
Peneliti ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena yang sering terjadi
di sekolah adalah karakter ketidakdisiplinan siswa dalam belajar, seperti
keterlambatan siswa pada saat masuk sekolah, menyotek, tidak menjaga
kebersihan dan kerapian di lingkungan sekolah, menggunakan atribut sekolah
tidak lengkap, jajan di luwar lingkungan sekolah dan lain sebagainya.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah
pelaksanaan pendidikan karakter disiplin belajar siswa kelas IV SDN
Bangetayu Wetan 02 Semarang?”. Hipotesis penelitian ini adalah adanya
pengaruh krakter disiplin terhadap hasil kedisiplinan belajar siswa kelas IV
SDN Bangetayu Wetan 02 Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui pelaksanaan pendidikan karakter disiplin belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil
penelitian ini dilihat dari hasil observasi,wawancara,angket dan dokumentasi.
Pelaksanaan pendidikan karakter disiplin belajar siswa belum terlaksanaa
dengan baik terlihat dari disiplin waktu belajar, disiplin peraturan dan disiplin
prilaku siswa di sekolah. adanya kendala yang terjadi dalam pelaksanaan
pendidikan karakter disiplin belajar siswa yaitu siswa yang mengulangi
pelanggaran yang sama meskipun sudah ditegur. Usaha guru dalam
menanamkan kedsiplinan belajar siswa antara lain: hukuman,faselitas dan
peraturan di lingkungan sekolah.
Saran yang dapat peneliti sampaikan hendaknya untuk memberikan
masukan bagi pihak sekolah supaya lebih meningkatkan kualitas belajar dan
kedisiplinan siswa dengan memperhatikan pelaksanaan karakter disiplin
belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Nov 2024 04:49
Last Modified: 05 Nov 2024 04:49
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7136

Actions (login required)

View Item
View Item