KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING BERBANTU KUBANG (KUBUS ANGKA) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS III SD NEGERI PETOMPON 01 SEMARANG

SARASWATI, SHARA (2020) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING BERBANTU KUBANG (KUBUS ANGKA) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS III SD NEGERI PETOMPON 01 SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SHARA.pdf] Text
SHARA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Shara Saraswati. NPM 16120010. “Keefektifan Model Pembelajaran
Snowball Throwing Berbantu Kubang (Kubus Angka) Terhadap Hasil Belajar
Matematika Peserta Didik Kelas III SD Negeri Petompon 01 Semarang”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas PGRI Semarang.
2020. Dosen Pembimbing I, Bapak Dr.Rasiman,M.Pd. Dosen Pembimbing II, Ibu
Mei Fita Asri Untari,M.Pd.
Latar belakang dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar
mata pelajaran Matematika siswa kelas III SD Negeri Petompon 01 Semarang serta
kurangnya penggunaan model pembelajaran yang menarik sehingga antusias siswa
dalam mengikuti pembelajaran kurang dan siswa cenderung bersikap pasif.
Permasalahan dalam penelitian ini apakah model pembelajaran tipe
Snowball Throwing efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SD
Negeri Petompon 01 Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan
menganalisis keefektifan model pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil
belajar siswa kelas III SD Negeri Petompon 01 Semarang.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif menggunakan desain penelitian One Group Pretest Posttest Design
dengan menggunakan satu kelas sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian ini
diperoleh dengan melakukan analisis data awal, uji normalitas dengan uji lilliefors,
dan analisis data akhir dengan uji homogenitas dan uji T.
Berdasarkan pada analisis data akhir yang telah dilakukan perhitungan Uji
Homogenitas f hitung = 1,04 dan f table = 2,29 artinya f hitung < f tabel maka Ha
ditolak dan Ho di terima Jadi dapat disimpulkan bahwa kelompok pretest dan
kelompok posttest homogen. Sedangkan perhitungan uji T diperoleh
>
yaitu 6,83>1,740 maka hipotesis dapat diterima, dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model Snowball Throwing efektif
terhadap hasil belajar siswa kelas III SD Negeri Petompon 01 Semarang
Saran yang peneliti sampaikan yaitu agar Model Pembelajaran Snowall
Throwing berbantu media Kubang dijadikan salah satu alternatif bagi guru dalam
proses pembelajaran terutama pada pembelajaran matematika siswa agar
pembelajaran lebih aktif dan tidak membosankan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Nov 2024 04:45
Last Modified: 05 Nov 2024 04:45
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7133

Actions (login required)

View Item
View Item