ANALISIS FAKTOR PENDUKUNG KEBERHASILAN SISWA BERPRESTASI DI SD NEGERI KARANGKONANG KECAMATAN WINONG KABUPATEN PATI

NOVIYANTI, EKA (2020) ANALISIS FAKTOR PENDUKUNG KEBERHASILAN SISWA BERPRESTASI DI SD NEGERI KARANGKONANG KECAMATAN WINONG KABUPATEN PATI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of EKA NOVIYANTI.pdf] Text
EKA NOVIYANTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

EKA NOVIYANTI. NPM 15120259. “Analisis Faktor Pendukung Keberhasilan
Siswa Berprestasi di SD Negeri Karangkonang Kecamatan Winong Kabupaten
Pati”. Skripsi. Program Studi Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan.
Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Diana Endah H, S.Pd., M.Pd
dan Dosen Pembimbing II Singgih Adhi P,S.Sn,M.Pd. September 2019.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah SD Karangkonang
memiliki siswa-siswi yang berprestasi. Mereka sering mengikuti lomba di tingkat
kecamatan maupun kabupaten, dan tidak sedikit yang mendapat juara. Anak-anak
yang mengikuti lomba tersebut pasti di kelaspun juga mendapat peringkat yang
memuaskan. Maka dari itu, peneliti ingin mengetahui faktor apa saja yang
mendukung keberhasilan siswa berprestasi peringkat 1 kelas I hingga kelas VI SD
Karangkonang KecamatanWinong Kabupaten Pati.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah menjelaskan faktor yang
mendukung keberhasilan prestasi belajar siswa. Tujuan yang hendak dicapai
adalah mengetahui faktor-faktor keberhasilan belajar siswa, dilihat dari hasil dan
prestasi belajar.
Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dalam bentuk data
reduction, data display, dan verification. Populasi penelitian ini adalah siswa
peringkat 1 kelas I sampai VI SD N Karangkonang. Teknik yang digunakan yaitu
observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian,
menunjukkan bahwa faktor eksternal dan internal yaitu lingkungan keluargan,
lingkungan sekolah, minat, dan motivasi yang berpengaruh dalam keberhasilan
prestasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan jumlah jawaban ya yang paling
banyak dipilih siswa dari angket yang sudah disebar peneliti dan diperkuat dengan
data yang dihasilkan oleh wawancara, observasi, dan dokumentasi. Faktor yang
mempengaruhi keberhasilan siswa diantaranya semangat belajar siswa yang tinggi
dan fokus dalam pembelajaran membuat siswa memiliki daya ingat yang bagus,
rasa penasaran dan ingin tahu terhadap pelajaran juga mempengaruhinya, selain
itu guru juga memberikan metode dan media yang bervariatif agar siswa paham
dan tidak jenuh saat proses pembelajaran. Dari keluarga yang memberikan
semangat dan perhatian hingga siswa mampu mencapai keberhasilan, tidak hanya
itu orang tua siswa mengajari siswa meskipun tidak semuanya bisa, memberikan
fasilitas yang memang seharusnya dibutuhkan siswa, memberi reward dan
pastinya motivasi yang tinggi agar siswa giat dalam belajar.
Saran yang dapat disampaikan bagi orang tua yaitu memberikan perhatian
dan semangat yang lebihpada anak untuk giat belajar, bagi sekolah diharapkan
bisa melengkapi fasilitas sekolah untuk menunjang pembelajaran, bagi guru
memperhatikan belajar siswa terutama yang mempunyai prestasi rendah atau yang
mengalami kesulitan belajar, bagi siswa diharapkan memiliki semangat belajar
yang tinggi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Nov 2024 04:47
Last Modified: 05 Nov 2024 04:47
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7128

Actions (login required)

View Item
View Item